Langkah Atasi Pori-Pori Besar

Doktersehat.com – Memiliki kulit wajah yang berpori-pori besar seperti kulit jeruk memang nggak enak banget. Kulit menjadi terlihat kasar dan kurang menarik. Masalah pori besar biasanya ditemui pada jenis kulit berminyak terutama pada daerah T (wilayah hidung dan dahi). Berikut beberapa hal yang menyebabkan pori-pori besar dan tips cara perawatannya.



Penyebab pori – pori besar diantaranya:

• Produksi hormon androgen pada usia produktif atau pada fase tertentu misalnya saat hamil bisa menjadi pemicu meningkatnya produksi kelenjar minyak kulit dan inilah yang juga menyebabkan pori-pori semakin melebar.

• Sering memencet komedo di wajah dengan cara yang tidak benar dan tanpa antiseptic akibatnya pori-pori menjadi lebih besar dan terlihat jelas.

• Penggunaan kosmetik yang terlalu tebal bisa membuat kulit sulit bernafas sehingga secara alami kulit melakukan pembesaran pori-pori agar bisa bernafas. Kosmetik yang memiliki kandungan minyak dapat membuat pori-pori menjadi besar.

Pori-pori besar pada wajah, memang masalah. Penampilan jadi kurang sedap dipandang, apalagi make-up kadang-kadang tak dapat menutup pori-pori yang melebar ini dengan sempurna. Bagaimana mengatasinya? Mari simak tips untuk mengatasi pori-pori besar pada wajah dan punggung.

* Bersihkan make-up setiap malam dengan seksama. Tak peduli betapa pun lelahnya Anda, sebaiknya Anda tidak langsung naik ke tempat tidur tanpa membersihkan diri lebih dulu. Meskipun Anda tidak mengenakan make-up setiap hari (hanya mengenakan pelembab, bedak, dan lipstik ), ambil waktu untuk membersihkan muka dengan pembersih. Hal ini untuk melepaskan kotoran dan minyak yang menyatu di kulit wajah.

* Cuci muka dengan sabun yang mengandung salicylic acid. Bahan ini akan menghancurkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan membantu untuk memperbaiki permukaannya.

* Kenakan pelembab yang tidak mengandung minyak, dan tidak menyebabkan alergi. Salicylic acid kemungkinan akan menyebabkan iritasi untuk beberapa jenis kulit tertentu. Karena itu kombinasikan dengan pelembab yang lembut.

* Kenakan sunscreen setiap hari. Mungkin banyak dari kita yang belum menyadari bahwa sinar matahari dapat merusak kulit. Paparan sinar matahari merusak lapisan-lapisan kolagen yang menciptakan kulit wajah yang mulus. Berada di luar ruangan tanpa perlindungan sunscreen juga akan menghancurkan manfaat dari ketiga langkah yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

* Lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk menghilangkan lapisan kulit mati. Eksfoliasi harus digunakan sesekali saja karena dapat menyebabkan kulit kering, sehingga memproduksi lebih banyak minyak untuk mengkompensasi kondisi tersebut.

* Lakukan facial sebulan sekali, facial serum khusus untuk mengecilkan pori-pori sangat cocok untuk Anda. Sekarang sudah banyak juga facial khusus untuk punggung. Jadi bukan hanya wajah saja yang bersih, tetapi punggung juga terawat.

Jadi kesimpulannya, tampil cantik bukan sekadar polesan kosmetik, melainkan didapat karena perawatan kecantikan kulit dari hal yang mendasar, yaitu mulai pada saat pembersihan.

Sumber : kompas.female.com & bergaul .com