Langkah Aman Merawat Kulit Selama Hamil

DokterSehat.com – Selama hamil ibu tidak diperbolehkan menggunakan produk kecantikan. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang terkandung dalam produk kecantikan meresap ke tubuh sehingga bisa menimbulkan masalah pada janin. Meski demikian, bukan berarti ibu boleh cuek dengan kondisi kulit selama hamil. Pasalnya, kulit menjadi meregang dan seperti retak-retak saar hamil. Bila tidak dirawat dengan benar kondisi kulit akan mengalami kerusakan permanen. Untuk meminimalisir perubahan pada kulit, ibu bisa melakukan langkah alami yang aman untuk janin, seperti berikut ini:



1. Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

2. Cukupi asupan makanan sehat seperti buah, sayuran hijau, vitamin, dan mineral.

3. Konsumsi makanan yang mengandung protein sebab protein berfungsi untuk pertumbuhan

sel-sel kulit.

4. Cukup istirahat, minimal enam hingga delapan jam tiap hari. Ketika beristirahat sel-sel kulit akan mempengaruhi sel kulit yang sudah lama.

5. Olahraga juga perlu dilakukan saat hamil dan menyusui agar sirkulasi darah tetap terjaga. Olahraga ringan yang dilakukan rutin seperti yoga, jalan santai, dan senam hamil baik dilakukan wanita yang sedang mengandung. Umumnya olahraga dilakukan saat usia kehamilan lebih dari tiga bulan. Dengan tubuh yang bugar ibu akan memperoleh berbagai manfaat seperti:

  • Mempermudah adaptasi ibu terhadap perubahan postur
  • Mempermudah persalinan
  • Membantu pengembalian bentuk tubuh ibu setelah kehamilan
  • Juga bisa menghilangkan ketegangan dan gejala-gejala lain akibat perubahan hormonal selama kehamilan.

Sebelum melakukan olahraga sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Hentikan olahraga jika muncul nyeri akibat kontraksi rahim dan keluarnya darah/ cairan per vaginam.

6. Menjaga kebersihan tubuh terutama kulit dan lingkungan sekitar sangat penting dilakukan. Untuk melindungi kulit dari sinar matahari Anda bisa menggunakan tabir surya.

Baca Juga:  Sinar Matahari Pagi Bisa Menurunkan Kambuhnya Asma

7. Gunakan pakaian yang bisa menutup kulit sehingga dapat membantu menahan dampak buruk sinar matahari bagi kulit.

8. Untuk mencegah timbulnya striae yaitu guratan berwarna putih terutama di bagian perut disebabkan perut yang semakin membuncit, maka sebelum striae itu timbul, di awal trimester kedua, mulai gunakan pelembab secara rutin pada daerah lipatan kulit, seperti perut, bokong, dan paha. Pelembab bisa juga diganti dengan minyak zaitun yang mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.