Langka, Wanita Ini Lahirkan Bayi dari Embrio Beku Berumur 25 Tahun

DokterSehat.Com– Seorang bayi perempuan lahir dengan sehat pada bulan lalu di Tennessee, Amerika Serikat, adalah berasal dari embrio beku yang disimpan selama 25 tahun. Bayi bernama Emma menjadi embrio manusia beku terlama yang berhasil lahir dengan sukses. Rekor yang diketahui sebelumnya adalah 20 tahun.

doktersehat-bayi-lahir

Photo Credit: Flickr/ Markus Reinhardt

Tina dan Benjamin Gibson, orangtua Emma tidak berniat untuk membuat rekor dunia. Tapi banyak yang mengatakan bahwa kelahiran bayi dari embrio beku ini, diklaim lebih lama 25 tahun.

Karena tidak ada catatan resmi yang melacak usia embrio, para ahli percaya bahwa kasus ini merupakan embrio beku terpanjang yang menghasilkan kelahiran yang sukses. Kasus ini bahkan lebih penting lagi, karena Tina Gibson berusia 25 tahun saat dia hamil, hanya setahun lebih tua dari embrio yang dia dan suaminya gunakan untuk hamil.

“Apakah Anda menyadari bahwa saya berusia 25 tahun?” kata Tina. Sekarang Ia berusia 26 tahun,. “Embrio ini dan saya bisa menjadi teman terbaik.”

Tina dan Benjamin Gibson menikah tujuh tahun yang lalu, namun mereka tidak memiliki anak biologis karena Benjamin memiliki fibrosis kistik, yang seringkali menyebabkan ketidaksuburan.

Mereka memupuk beberapa anak, sampai ayah Tina menyarankan agar mengadopsi embrio. Embrio beku ke pasangan lain yang mencoba hamil melalui fertilisasi in vitro (IVF). Mereka memutuskan untuk pergi ke National Embryo Donation Center (NEDC) di Knoxville.

“Penerapan embrio telah menghasilkan lebih dari 7.000 kelahiran, menurut Pusat Kesadaran Adopsi Embrio. Prosedur ini seringkali lebih berhasil daripada pemberian IVF yang khas,” kata ahli embriologi dan terapi NEDC Carol Sommerfelt.

Karena embrio biasanya berasal dari pasangan yang “telah menyelesaikan keluarga dan mereka ingin memberi sisa embrio ini kesempatan hidup. “NEDC, misalnya, memiliki tingkat kehamilan 57 persen dan tingkat kelahiran bayi 49 persen, dibandingkan dengan kira-kira 40 persen tingkat kelahiran hidup untuk wanita berusia di bawah 35 tahun IVF, menurut American Pregnancy Association.

Baca Juga:  Bayi Ini Terlahir Setelah Orang Tuanya Meninggal 4 Tahun Lalu

Memang, kasus Gibsons itu agak tidak biasa, meski mereka tidak mengetahuinya sampai prosesnya berjalan baik. “Saya hanya menginginkan bayi, dan tidak peduli apakah itu rekor dunia atau tidak, “kata Tina.

Meskipun demikian, bayi Emma dilahirkan pada 25 November yang dibidani oleh Jeffrey Keenan, direktur medis NEDC, tentu saja istimewa. Beberapa ahli mencatat bahwa embrio yang sebelumnya diyakini sebagai yang tertua menghasilkan bayi yang sehat telah dibekukan untuk sementara berusia 20 tahun.

“Sangat bermanfaat bagi saya untuk melihat bahwa teknik yang kami gunakan 25 tahun yang lalu untuk membekukan embrio memang mempertahankannya sampai-sampai mereka bisa bertahan hingga bisa dicairkan,” kata Sommerfelt .

“Jika embrio dipelihara dengan benar, embrio itu bisa jadi baik tanpa batas waktu. Dengan kata lain, mereka membeku pada waktunya.” tambahnya.