Lampu Belajar Salah, Bikin Mata Anak Bermasalah

DokterSehat.Com – Membiarkan anak belajar di ruangan lain dengan cahaya terlalu terang atau terlalu gelap, berbahaya bagi mata. Selain itu kombinasi sumber cahaya langsung maupun tidak langsung dari kebiasaan sehari-hari bisa membuat mata lelah dan berkurang kesehatannya.

12

Cara untuk mencegah

Selain mengobati, Anda bisa melakukan perubahan kecil dari kebiasaan buruk tersebut. Salah satunya dengan memilih lampu belajar yang tepat & berkualitas untuk melindungi mata anak Anda. Pastikan ia mengerjakan tugas-tugas sekolahnya dengan penerangan dari lampu belajar yang aman.

Kriteria lampu belajar yang harus anda pilih

• Bersahabat dengan mata
Pilih lampu yang terang, tidak berkedip dan tidak memancarkan radiasi bahaya untuk mata seperti ultraviolet (UV) dan infrared (IR).

• Material terjamin
Pilih lampu anti panas dan materi pembungkus dengan bahan yang dapat meminimalisir kemungkinan meledak atau pecah.

• Bentuk dan ukuran tepat
Perhatikan besar kecil dan tinggi rendahnya dengan meja serta ruang belajar anak. Pilih desain berbentuk lingkaran yang tidak menghasilkan banyak bayangan. Hindari pula bentuk lampu dengan sisi tajam.

• Perhatikan posisi pencahayaan
Tempatkan bagian lampu yang memancarkan cahaya sedikit lebih tinggi dari alis mata.

• Fitur penunjang
Lampu dilengkapi kontrol tingkat pencahayaan dan dapat diputar sampai 300? sehingga bisa disesuaikan kebutuhan serta dapat bergerak fleksibel mengikuti gerakan tangan untuk diarahkan ke posisi yang diinginkan.

• Warna-warni favorit
Anak selalu identik dengan warna-warni ceria. Untuk itu, pilih sesuai warna favorit yang atraktif agar anak semakin semangat belajar.