Lama Tak Berolahraga, Apakah Otot Berubah Menjadi Lemak?

DokterSehat.Com – Bagi mereka yang rajin melakukan olahraga atau body building di gym, ada sebuah mitos dimana jika otot-otot yang sebelumnya telah terbentuk karena olahraga akan berubah menjadi lemak jika kita tidak berolahraga kembali. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-gym-fitnes-otot

Jawabannya adalah tidak. Pakar kesehatan berkata jika otot tidak akan berubah menjadi lemak. Otot yang terlatih karena rajin melakukan olahraga tentu akan mengalami pembesaran karena olahraga bisa memberikan rangsangan kerja yang berlangsung terus-menerus.  Sebagai contoh, jika anda rajin melakukan angkat beban setiap hari, maka otot pada lengan dan bahu pun menjadi lebih besar dan lebih kuat seiring dengan waktu. Saat anda berhenti berolahraga, maka otot pun tidak lagi mengalami rangsangan kerja sehingga tidak ada lagi pembesaran atau penguatan pada otot. Ukuran otot pun cenderung menyusut sehingga tubuh pun tidak lagi terlihat kencang, melainkan menjadi lebih lembek.

Mereka yang berhenti berolahraga dalam jangka waktu yang lama memang bisa mendapati tubuhnya menjadi lebih lembek dan memiliki kandungan lemak yang lebih banyak. Namun, bertambahnya kandungan lemak tersebut bukanlah dari otot melainkan karena pola makan yang kurang baik sehingga kandungan lemak pun semakin menumpuk. Otot yang dulunya cukup besar mengalami penyusutan dan sama sekali tidak berubah menjadi lemak.

Jika anda telah berolahraga dengan rutin agar dapat membuat otot menjadi lebih besar dan kuat, janganlah berhenti berolahraga setelah mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Tetap lakukan olahraga dengan rutin agar bentuk tubuh dan otot tetap dalam kondisi yang prima meskipun intensitasnya lebih pendek daripada saat membentuk otot tersebut. Perhatikan pula pola makan yang sehat sehingga tidak ada lagi lemak yang bertumpukkan pada tubuh. Konsumsi makanan kaya karbohidrat layaknya nasi bisa kita ganti dengan makanan kentang, roti gandum, atau bahkan nasi merah yang lebih baik. Selain itu, hindari pula makanan dengan kadar lemak tinggi layaknya gorengan yang banyak tersedia di pinggir jalan. Kombinasi antara olahraga rutin dan pola makan yang sehat tentu akan membuat otot dan bentuk tubuh bisa tetap dalam kondisi yang baik dan fit.

Baca Juga:  Hal-Hal Yang Sering Kita Sepelekan Tentang Hipertensi