Lakukan Olahraga Ini Agar Berat Badan Tidak Naik Setelah Lebaran

DokterSehat.Com– Dibalik meriahnya perayaan Hari Raya Lebaran, cukup banyak orang yang mengkhawatirkan kondisi berat badannya yang akan naik setelahnya. Bagaimana tidak, setelah melakukan ibadah puasa yang bisa membantu kita menurunkan berat badan, kita bisa makan kapanpun di manapun seperti sebelumnya. Yang menjadi masalah adalah, tak hanya hidangan khas Lebaran yang kaya akan kalori dan lemak, saat kita berkunjung ke rumah saudara atau teman-teman, kita pasti akan mengkonsumsi camilan atau minuman yang manis-manis. Hal ini tentu akan membuat kita lebih mudah menaikkan berat badan.

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Pakar kesehatan yang berasal dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran di Jakarta bernama dr. Michael Triangto, SpKO, berkata bahwa melakukan silaturahmi sambil berjalan ke rumah tetangga dan saudara memang bisa membantu kita membakar kalori. Sayangnya, aktifitas ini tidak cukup untuk membakar kalori yang kita makan di Hari Raya Lebaran. Karena alasan inilah ada baiknya kita juga menyempatkan olahraga di Hari Lebaran dan setelahnya.

Agar berat badan kita tidak mudah naik setelah lebaran, dr. Michael menyarankan kita melakukan latihan kardio dan latihan beban. Latihan kardio yang bisa kita lakukan pun bisa yang berupa olahraga santai layaknya berjalan kaki, jogging, atau bersepeda dengan santai di pagi atau sore hari. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kita bisa melakukan olahraga ini selama 30 hingga 40 menit. Sementara itu, untuk latihan beban, kita bisa melakukan olahraga sederhana layaknya push up, sit up, pull up, dan olahraga lain sejenisnya sehingga kita tidak perlu kerepotan untuk mencari pusat kebugaran. Olahraga latihan beban sederhana ini bisa dilakukan 3 kali dengan setiap sesinya dilakukan secara berulang sekitar 10 hingga 12 kali.

Dengan melakukan olahraga-olahraga ini setiap pekan, maka kita pun bisa membuat tubuh tetap sehat sekaligus menjaga berat badan agar tidak mudah naik.