Lakukan Kebiasaan Ini di Pagi Hari Agar Tekanan Darah Kita Bisa Menurun

DokterSehat.Com – Salah satu cara agar kesehatan kita tetap terjaga adalah dengan menjaga tekanan darah tetap normal. Sayangnya, gaya hidup yang kurang sehat, khususnya dalam kurang baiknya dalam menjaga pola makan membuat banyak orang yang memiliki tekanan darah yang tinggi. Memang, tekanan darah juga bisa terjadi karena faktor keturunan, namun gaya hidup sehari-hari memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan tekanan darah. Padahal, tingginya tekanan darah bisa menjadi pemicu dua penyakit yang paling mematikan pada manusia, yakni serangan jantung dan stroke. Beruntung, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota pada tahun 2013 kemarin bisa memberikan solusi bagi kita untuk melakukan beberapa hal di pagi hari yang bisa menurunkan tekanan darah.

doktersehat-blueberry

Memperhatikan sarapan pagi
Hal pertama yang bisa kita lakukan di pagi hari untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan memperhatikan sarapan pagi. Penelitian Tulane University pada tahun 2012 menunjukkan fakta menarik dimana pria dengan konsumsi protein 30 persen dari kalori harian akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang mengkonsumsi protein lebih sedikit. Kita bisa mendapatkan protein ini dengan telur yang digoreng dengan minyak yang sedikit dan kombinasikan dengan sereal atau bubur gandum utuh. Sebagai informasi, sereal sangat kaya akan serat yang bisa menurunkan tekanan darah kita.

Blueberry
Pakar kesehatan dari Harvard University menyebutkan jika mereka yang mengkonsumsi blueberry setidaknya setengah cangkir setiap minggunya memiliki tekanan darah lebih rendah 10 persen dari yang tidak mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan bluberry kaya akan anthovyanin yang sangat efektif menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Menikmati pagi di teras atau dekat jendela
Sebelum memulai kesibukan di pagi hari, cobalah untuk menikmati pagi hari di teras rumah atau dekat jendela yang bisa membuat tubuh kita terpapar sinar matahari setidaknya selama 20 menit. Hal ini ternyata bisa menurunkan tekanan darah kita dengan cukup signifikan mengingat sinar UVA ternyata mampu melancarkan sirkulasi oksida nitrat di dalam darah yang memiliki pengaruh besar pada tekanan darah. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi teh hijau di pagi hari mengingat the ini kaya akan polifenol alami bernama EGCG yang secara efetif menurunkan tekanan darah dan melawan peradangan.