Lakukan Kebiasaan Baik Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

DokterSehat.Com – Komputer menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan dalam aktivitas manusia, mulai dari bekerja, belajar, hingga menikmati hiburan seperti menonton film atau bermain game. Dari sekian aktivitas tersebut bekerja menjadi kegiatan yang paling banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Tak hanya 8 – 9 jam setiap harinya, bahkan bisa lebih jika harus overtime atau lembur. Tentunya berlama-lama di depan komputer memiliki efek yang kurang baik terutaman bagi kesehatan mata. Sebaiknya jangan abaikan hal-hal berikut untuk menjaga agar mata selalu dalam kondisi baik.

doktersehat-mata-kerja

  • Gunakan layar pelindung

Dengan menggunakan layar pelindung sangat bermanfaat dalam melindungi mata terkena pancaran sinar langsung dari layar komputer. Tak hanya layar pelindung, kacamata pelindung bisa dijadikan sebagai alternatif yang jauh lebih praktis.

  • Menempatkan komputer pada ruangan yang cukup akan cahaya

Dengan menempatkan komputer pada ruangan yang cukup akan cahaya bahkan cenderung terang, dapat mengurangi pengaturan kecerahan (brightness) pada layar monitor. Dengan mengkondisikan pengaturan brightness pada tingkat yang paling redup, layar komputer tetap akan terlihat terang pada ruangan yang bercahaya. Hasilnya pancaran sinar layar komputer tidak terlalu tajam ke mata. Sebaliknya layar monitor yang terlalu cerah dapat mempengaruhi tingkat fleksibilitas pada otot mata.

  • Istirahatkan mata secara berkala

Berada di depan komputer membuat intensitas mata berkedip menjadi berkurang. Padahal secara normal mata akan berkedip hingga 18 kali dalam waktu satu menit. Mengatasi hal ini sebaiknya istirahatkan mata secara berkala dalam beberapa waktu. Misalnya dengan mengalihkan pandangan mata dari layar komputer sejenak, seperti melihat pepohonan atau tanaman hijau yang berada di sekitarnya.

  • Konsumsi buah dan sayur

Jenis sayuran yang memiliki kandungan beta karoten, seperti seperti wortel, labu kuning, mangga, jeruk, pisang, serta buah dan sayur yang memiliki pigmen merah dan oranye lainnya sangat baik untuk kesehatan mata. Beta karoten inilah yang merupakan provitamin yang akan diubah menjadi vitamin A. Penuhi dan perbanyak konsumsi sayur dan buah tersebut dalam menu keseharian.