Lakukan Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit Tangan Anda

DokterSehat.com – Memiliki kulit yang sehat tentunya dambaan siapapun. Orang-orang melakukan segala macam usaha agar kulit tetap terjaga salah satunya dengan menggunakan produk anti-aging. Namun demikian biasanya produk anti-aging masih terbatas pada perawatan wajah, padahal seluruh kulit juga perlu mendapat perhatian, tak terkecuali kedua tangan kita.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu-impetigo-aquagenic-urticaria

Serupa dengan wajah, kulit pada kedua tangan memiliki risiko tinggi untuk mengalami penuaan karena paparan sinar matahari, terpapar bahan kimia seperti sabun cuci, hand sanitizer,dan aktivitas lainnya. Setiap hari dan setiap saat kedua tangan kita terpapar dengan zat yang terkadang kurang baik bagi kulit. Dibawah ini terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit tangan kita :

  • Selalu gunakan pelembab kapanpun setelah tangan terkena air. Gunakan produk berbasis krim. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kerutan pada kulit tangan. Selain itu, gunakanlah juga produk yang mengandung antioksidan pada aplikasi di pagi hari sebelum menggunakan  sunscreen dan produk yang mengandung retinol pada malam hari.
  • Gunakan sesering mungkin sunscreen terlebih saat aktivitas outdoor. Aplikasikan ulang setiap 2 jam, dan pilih dengan kandungan minimal SPF 30 karena dapat melindungi dari paparan sinar UVA dan UVB. Jika anda pengendara kendaraan bermotor, jangan lupa pula menggunakan sarung tangan. Hal tersebut sebaiknya dilakukan mengingat sinar matahari dapat menimbulkan spot kecoklatan pada kulit yang tentunya kurang baik secara estetika. Selain itu, sinar matahari juga mengurangi ketebalan kulit, kolagen dan mengurangi elastisitas kulit.
  • Lakukan gaya hidup sehat. Sinar matahari juga bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga minum air yang cukup sangatlah penting bagi tubuh dan kulit. Mengkonsumsi makanan sehat juga disarankan: mengkonsumsi buah-buahan segar, sayur-sayuran, daging tanpa lemak dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan timbulnya kerutan dan kerusakan pada kulit. Menjaga kesehatan kulit lainnya bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga.
  • Hindari paparan asap seperti asap rokok, dan jika anda merokok sebaiknya stop merokok.
  • Hindari stres berlebihan. Stress memiliki efek yang nyata pada kulit, kuku dan rambut kita. Memiliki manajemen stress yang baik sangatlah dianjurkan.