Lakukan Ini Untuk Menghilangkan Bakteri Pada Gigi

DokterSehat.Com – Sisa makanan kerap kali dianggap sebagai penyebab utama masalah kesehatan gigi pada masyarakat Indonesia. Kebiasaan sebagian masyarakat yang masih kurang baik dalam membersihkan gigi dan bahkan kerap membiarakan gigi dalam keadaan penuh sisa makanan saat tidur malam membuat gigi pun akan mudah diserang masalah karang gigi atau bakteri yang bisa merusak gigi. Selain sisa makanan, kita juga harus memperhatikan adanya bakteri penyebab kerusakan gigi. Bakteri ini tentu harus bisa kita usir atau minimal kita cegah perkembangannya sehingga tidak akan mudah merusak kesehatan gigi.

doktersehat-sakit-gigi-sensitif

Pakar kesehatan biasanya menyarankan kita untuk rajin-rajin meminum air putih untuk mencegah bakteri di dalam mulut berkembang dengan pesat. Dengan meminum air putih, kita akan membuat mulut memproduksi air liur dengan jumlah yang banyak. Air liur sendiri adalah pembunuh bakteri yang sangat efektif sehingga perkembangannya pun akan bisa dihambat dengan signifikan. Pakar kesehatan juga menyarankan penggunaan permen karet selain air putih untuk membuat bakteri lenyap dari gigi dan rongga mulut.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengunyah permen karet setidaknya selama 10 menit ternyata akan membuat gigi lebih bersih dan terbebas dari banyak jenis bakteri. Bahkan, tercatat seratus juta bakteri bisa ikut terbuang bersama dengan saat kita membuang permen karet dari mulut. Seratus juta ternyata bukan jumlah yang banyak mengingat jumlah bakteri di dalam mulut bisa berkali-kali lipat dari jumlah tersebut. Namun, pakar kesehatan berkata jika pengurangan jumlah ini sudah cukup signifikan untuk mengurangi resiko terkena masalah pada gusi dan gigi berlubang.

Dengan mengunyah permen karet, kita akan ikut membawa keluar plak-plak dan sisa makanan pada permen karet tersebut sehingga gigi pun akan cenderung lebih bersih. Selain itu, permen karet akan menaikkan kadar air liur pada mulut yang tentu akan membuat bakteri lebih banyak yang terbunuh. Berkurangnya bakteri akan menjamin kesehatan jaringan gusi dengan lebih baik. Hanya saja, pakar kesehatan mengingatkan agar kita memakai permen karet bebas gula karena permen karet yang mengandung gula tentu tidak akan mampu membersihkan gigi sebagaimana yang kita harapkan.