Lakukan Ini Jika Tubuh Tiba-Tiba Mengalami Keringat Dingin

DokterSehat.Com – Keringat adalah hal yang wajar terjadi pada tubuh manusia. Jika anda merasakan suhu ruangan yang teramat panas atau saat melakukan aktifitas yang menuntut banyak gerakan, maka keringat akan dengan mudah muncul pada kulit. Sayangnya, terkadang keringat bisa muncul tiba-tiba meskipun kita tidak merasakan panas dan kita berada dalam kondisi yang diam. Keringat ini juga terasa dingin dan membuat badan menjadi tidak enak. Kondisi ini disebut sebagai keringat dingin. Disamping karena kondisi stress, panik, atau bahkan tegang, beberapa gangguan kesehatan atau kondisi fisik tertentu ternyata bisa memicu munculnya keringat dingin seperti sebagai berikut.

doktersehat-nafas-terengah-engah-Aritmia-Gangguan-Irama-Jantung)

Gejala dan Penyebab Keringat Dingin
Saat keringat dingin keluar, kulit akan terasa sangt dining dan biasanya disertai dengan rasa pusing dan tidak nyaman pada perut. Kondisi ini bisa berasal dari adanya rasa sakit pada tubuh yang sangat menyiksa. Sebagai contoh, orang yang mengalami kecelakaan dan patah tulang bisa langsung mengeluarkan keringat dingin karena adanya rasa sakit, syok, dan panik sekaligus. Disamping itu, adanya infeksi pada organ ginjal juga bisa memicu munculnya keringat dingin. Beberapa penyakit layaknya kondisi gula darah yang rendah dan penyakit kanker limfoma bisa memicu keringat dingin. Selain itu, kondisi alergi atau batu ginjal bisa memicu keluarnya keringat dingin.

Penanganan dan Pengobatan Keringat Dingin
Jika keringat dingin berasal dari kondisi tegang atau stress, maka kita tentu harus mampu mengendalikan stress pada pikiran kita sehingga keringat dingin akan berhenti keluar. Hanya saja, jika keringat dingin ternyata berasal dari penyebab lain, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter. Kita sendiri bisa melakukan beberapa tips agar keringat dingin tidak mudah muncul pada tubuh, layaknya dengan memberikan rasa yang nyaman di kamar tidur yang tentu akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Kamar yang redup dan bebas dari berbagai gadget dan peralatan elektronik dipadu dengan suhu yang sejuk dan memakai pakaian yang nyaman tentu akan sangat baik dalam mengurangi stress pemicu keringat dingin.

Baca Juga:  Keuntungan Jalan Kaki Tanpa Sepatu

Kita juga bisa melakukan perbaikan pola makan agar kadar gula darah pun menjadi normal mengingat kadar gula yang rendah akan memicu keluarnya keringat dingin. Selain itu, kita bisa membuat tubuh menjadi lebih aktif dengan rutin berolahraga yang mampu membuat tubuh menjadi bebas stress dan rasa panik sehingga tubuh menjadi lebih tenang dan mengurangi gejala mendapatkan keringat dingin tiba-tiba.