Ketahui Penyebab Keringat Dingin & Cara Mengatasinya

penyebab keringat dingin

DokterSehat.Com – Penyebab keringat dingin perlu diketahui agar anda bisa melakukan upaya antisipasi yang tepat sehingga tidak perlu sampai mengalami hal tak mengenakkan ini. Pasalnya, tubuh yang keluar keringat dingin biasanya sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan tertentu, sehingga banyak orang khawatir ada penyakit yang jadi penyebab keringat dingin ini.

Keringat sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi pada tubuh manusia. Jika anda merasakan suhu ruangan yang teramat panas atau saat melakukan aktifitas yang menuntut banyak gerakan, maka keringat akan dengan mudah muncul pada kulit. Sayangnya, terkadang keringat bisa muncul tiba-tiba meskipun kita tidak merasakan panas dan kita berada dalam kondisi yang diam. Keringat ini juga terasa dingin dan membuat badan menjadi tidak enak. Kondisi ini disebut sebagai keringat dingin.

Banyak penyebab keringat dingin yang terjadi tiba-tiba. Disamping karena kondisi stress, panik, atau bahkan tegang, beberapa gangguan kesehatan atau kondisi fisik tertentu ternyata bisa memicu munculnya keringat dingin seperti sebagai berikut. Jika anda sering merasa khawatir karena takut mengalami gangguan kesehatan akibat sering berkeringat dingin, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu gejala dan faktor apa saja yang bisa menyebabkan keringat dingin ini.

Gejala dan Penyebab Keringat Dingin

Saat keluar keringat dingin, kulit akan terasa sangat dingin dan biasanya disertai dengan rasa pusing dan tidak nyaman pada perut. Kondisi ini bisa berasal dari adanya rasa sakit pada tubuh yang sangat menyiksa.

Sebagai contoh, orang yang mengalami kecelakaan dan patah tulang bisa langsung merasakan badan lemas dan keluar keringat dingin karena adanya rasa sakit, syok, dan panik sekaligus. Jadi, seseorang bisa mengalami badan lemas dan keluar keringat dingin jika mengalami suatu hal yang memberikan perubahan atau gangguan yang signifikan baik pada fisik maupun pada mentalnya.

Penyebab keringat dingin tidak hanya itu saja. Adanya infeksi pada organ ginjal juga bisa memicu munculnya keringat dingin. Badan lemas keringat dingin pusing yang berlangsung terlalu lama bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan atau mengidap penyakit tertentu.

Beberapa penyakit layaknya kondisi gula darah yang rendah dan penyakit kanker limfoma juga bisa memicu badan lemas keringat dingin pusing. Selain itu, kondisi alergi atau batu ginjal bisa memicu keluar keringat dingin dari tubuh secara terus-menerus dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman.

Untuk memastikan penyebab keringat dingin yang dialami, anda bisa memeriksakan diri ke dokter jika khawatir apabila tubuh anda sedang mengalami penyakit tertentu. Dengan mengetahui penyebabnya, cara mengatasi keringat dingin yang tepat bisa ditentukan.

Cara Mengatasi Keringat Dingin

Banyak faktor pemicu badan lemas keringat dingin pusing yang bisa digunakan sebagai acuan cara mengatasi keringat dingin. Jika keringat dingin berasal dari kondisi tegang atau stress, maka kita tentu kita harus mampu mengendalikan stress pada pikiran kita sehingga keringat dingin akan berhenti keluar. Latih pikiran untuk memanajemen stress dengan lebih baik sehingga anda tidak akan sering merasakan badan lemas keringat dingin.

Selain itu, terbiasa untuk mengendalikan stress juga merupakan langkah awal untuk hidup lebih sehat serta bahagia. Fungsi fisiologi tubuh termasuk kinerja sistem hormonal juga sangat dipengaruhi oleh kadar stress, sehingga anda harus berlatih untuk mengendalikan pikiran-pikiran anda. Manajemen stress yang baik adalah obat keringat dingin yang paling ampuh, jika keringat dingin tersebut memang berasal dari kepenatan pikiran akibat problema sehari-hari.

Hanya saja, jika kejadian keluar keringat dingin ternyata berasal dari penyebab keringat dingin lainnya, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter. Obat keringat dingin ini tentu akan disesuaikan dengan penyebab keringat dingin yang terjadi pada tubuh anda. Jika memang tubuh mengalami penyakit tertentu yang menjadi penyebab keringat dingin tersebut, maka perubahan fisik yang dialami berupa badan lemas dan keluar keringat dingin adalah cara tubuh untuk memberitahu anda bahwa ada yang sedang tidak beres pada tubuh anda.

Kita sendiri bisa melakukan beberapa tips agar keringat dingin tidak mudah muncul pada tubuh, layaknya dengan memberikan rasa yang nyaman di kamar tidur yang tentu akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Kamar yang redup dan bebas dari berbagai gadget dan peralatan elektronik dipadu dengan suhu yang sejuk dan memakai pakaian yang nyaman tentu akan sangat baik dalam mengurangi stress.

Kita juga bisa melakukan perbaikan pola makan agar kadar gula darah pun menjadi normal mengingat kadar gula yang rendah akan memicu keluarnya keringat dingin.

Selain itu, kita bisa membuat tubuh menjadi lebih aktif dengan rutin berolahraga yang mampu membuat tubuh menjadi bebas stress dan rasa panik sehingga tubuh menjadi lebih tenang dan mengurangi gejala badan lemas dan keluar keringat dingin tiba-tiba dari tubuh.