Lakukan Hal ini Untuk Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil?

DokterSehat.Com– Salah satu gangguan kehamilan yang menyerang sebagian besar ibu hamil adalah kaki bengkak. Pembengkakan ini tak hanya muncul pada pergelangan kaki, namun juga pada jari-jari kaki sehingga banyak ibu hamil yang kesulitan untuk menggunakan sandal atau sepatu kesayangannya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa masalah kaki bengkak saat hamil ini disebabkan oleh akumulasi air yang ada pada sel-sel tubuh. Pembengkakan atau dalam dunia medis disebut sebagai edema ini bisa berlangsung selama fase kehamilan sehingga bisa membuat ibu hamil tidak nyaman untuk melakukan aktifitas. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kaki bengkak ini?

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Jangan duduk atau berdiri selama berjam-jam
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa andai ibu hamil berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, apalagi hingga berjam-jam, maka mereka akan beresiko besar untuk terkena pembengkakan pada pergelangan kaki. Jika hal ini terjadi, ada baiknya ibu hamil mengambil jeda untuk berjalan-jalan atau beristirahat sebentar.

Menggunakan alas kaki yang nyaman
Ibu hamil sebaiknya mulai memperhatikan alas kaki yang digunakan karena jika alas kaki tersebut tidak nyaman untuk dipakai, maka Ia pun akan beresiko besar mengalami pembengkakan pada kaki. Jika perlu, cobalah untuk mencari sepatu khusus ibu hamil yang bisa menopang kaki sekaligus berat ibu hamil dengan lebih nyaman.

Mencukupi kebutuhan air minum
Tak hanya untuk menghindari dehidrasi, ibu hamil sebaiknya mencukupi kebutuhan air minumnya mengingat hal ini bisa menurunkan resiko terkena pembengkakan pada kaki.

Memperhatikan apa yang dimakan
Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk mulai mengurangi konsumsi garam karena hal ini bisa membuat kaki lebih mudah bengkak. Selain itu, cobalah untuk memperbanyak asupan protein yang bisa mencegah masalah ini muncul.