Lakukan Hal Ini untuk Bertahan di Musim Flu dan Batuk

DokterSehat.Com – Siapa yang tidak pernah mengalami flu dan batuk? Semua orang tentunya pernah mengalami gejala sakit ini mengingat flu sangat mudah penularannya. Biasanya penyakit ini ringan namun bila terserang penyakit ini dapat membuat si penderita menjadi sangat terganggu dalam menjalankan aktivitasnya seharian. Menjaga tubuh agar terhindar dari flu dan batuk di saat musim hujan seperti sekarang ini harus dilakukan. Ini dia beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

doktersehat-influenza-sinus

  1. Cuci Tangan. Banyak virus dan kuman menyebar karena tangan, misalnya saja kita berjabat tangan dengan mereka yang menderita flu dan kemudian dalam hitungan detik kuman tersebut berpindah ke dalam tangan kita. Secara tidak sadar kita kemudian menggunakan tangan itu untuk menggaruk mulut atau mata misalnya. Cuci tangan merupakan cara utama yang efektif untuk menurunkan peluang tertularnya suatu kuman atau virus penyebab penyakit. Gunakan sabun dan gosok tangan dengan baik.
  2. Siapkan Diri. Pastikan anda memiliki persediaan obat-obatan dirumah untuk flu dan batuk seperti obat-obatan anti nyeri dan dekongestan. Membeli termometer juga merupakan hal yang baik untuk mengontrol suhu tubuh. Mengkonsumsi teh herbal dan makanan sederhana seperti sup ayam juga disarankan.
  3. Kenali Gejala. Biasanya flu ditandai dengan hidung buntu atau hidung berair, bisa disertai dengan demam, nyeri badan dan rasa lelah pada tubuh.
  4. Antibiotik, perlukah? Hampir semua flu disebabkan oleh virus, sehingga pemberian antibiotik kurang efektif dan justru membuat resistensi antibiotik Namun bila flu anda berlanjut meskipun obat-obatan sudah memadai, maka berkonsultasi ke dokter adalah hal yang tepat.
  5. Istirahat di rumah merupakan langkah yang tepat. Bekerja terus-menerus membuat recovery anda menjadi lebih lama. Selain itu anda dapat menularkan virus kepada orang disekitar anda.
  6. Pengobatan Alami dapat anda lakukan misalnya dengan mengkonsumsi satu sendok madu namun jangan berikan pada anak dibawah usia 1 tahun. Minum vitamin C juga dapat mengurangi gejala dan bahkan bisa mencegah flu.
  7. Minum air yang banyak. Ini dapat mengencerkan lendir, dan menyembuhkan hidung buntu. Air mineral,kuah sayuran dapat dipilih. Minuman hangat seperti teh dapat digunakan untuk menghangatkan jalan nafas dan membantu meringankan sumbatan. Jangan konsumsi alkohol karena justru dapat membuat gejala semakin parah
  8. Perlukah Obat Anti Virus? Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan flu, namun beberapa dapat meringankan gejalanya saja sehingga dapat membantu tubuh menjadi lebih baik. Penggunaan obat antivirus dapat membantu anda untuk recovery namun efektif antara 48 jam dari gejala awal. Konsultasikan dengan dokter apakah pemberian antivirus untuk flu anda benar-benar diperlukan.