Lakukan Hal Ini Saat Membersihkan Organ Vital Pria

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika pria cenderung malas membersihkan atau menjaga kesehatan organ vitalnya jika dibandingkan dengan kaum wanita? Hal ini dikarenakan banyak pria yang berpikir jika asalkan mereka sudah mandi dan memberikan sabun pada organ vitalnya, maka mereka sudah menjaga kebersihan area penis dengan baik. Hal ini berbeda dengan kaum wanita yang benar-benar seksama membersihkan organ kewanitaannya karena menyadari adanya resiko masalah kesehatan yang jika dibiarkan maka bisa berimbas pada kesuburan.

doktersehat-penis-pria-seks

Banyak pria yang tidak sadar jika organ vitalnya juga beresiko mengalam masalah kesehatan, khususnya kesehatan kulit. Sebagai contoh, ada jerawat atau ruam-ruam yang bisa membuat area penis pria menjadi sangat tidak nyaman. Karena alasan inilah ada baiknya pria mulai memperhatikan kebersihan organ vitalnya dan menerapkan berbagai tips seperti sebagai berikut.

Setelah buang air kecil
Berbeda dengan kaum hawa yang sebaiknya menyiram organ vitalnya dengan air dari arah depan ke belakang demi menghindari adanya paparan bakteri yang berasal dari anus, maka pria tidak perlu melakukannya. Hanya saja, begitu setelah buang air kecil atau bahkan buang air besar, ada baiknya memang organ vital segera dicuci dengan air demi menghindari infeksi saluran reproduksi.

Jangan memakai sabun
Pakar kesehatan menyarankan agar kita tidak memakai sabun saat membersihkan organ vital pria. Hal ini dikarenakan kandungan sabun mampu menghilangkan cairan alami yang melindungi kepala penis dan membuat area organ vital menjadi lebih sensitive. Pakailan air untuk mencuci area kepala penis. Bagi yang tidak disunat, ingatlah untuk menarik kulit atau kulup penis ke belakang agar bisa membersihkannya dengan sempurna.

Keringkan penis
Ini yang paling sering disepelekan oleh pria. Setelah buang air kecil, buang air besar, atau bahkan mandi, area penis seringkali dibiarkan basah begitu saja dan pria segera memakai celana. Padahal, area organ vital yang lembab bisa memicu banyaknya bakteri berkembang biak dan memicu berbagai masalah kesehatan. Pastikan area penis dan anus dikeringkan dengan handuk atau tisu kering sebelum memakai celana.

Baca Juga:  Makanan Probiotik Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Gunakan celana yang tidak ketat
Celana ketat bisa membuat area organ vital menjadi lebih lembab dan bisa membuat fungsi organ vital kurang maksimal secara seksual. Gunakan celana yang lebih nyaman dan lebih longgar.