Lakukan Hal Ini Jika Telinga Kemasukan Serangga

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang panik atau bahkan ketakutan saat mengetahui telinganya kemasukan serangga. Bagaimana tidak, serangga bisa saja berlarian hingga ke bagian dalam telinga atau menggigitinya sehingga memicu infeksi atau gangguan pendengaran. Hanya saja, kita juga tidak boleh sembarangan dalam mengeluarkan serangga ini dari telinga. Lantas, apa yang bisa kita lakukan jika telinga kita kemasukan serangga?

doktersehat-telinga-ears-sakit-cotton-bud-warna-kotoran-kelainan

Jangan sembarangan mengeluarkan serangga dengan menggunakan jari atau cotton bud
Pakar kesehatan menyebutkan jika saat telinga kita kemasukan serangga, ada baiknya kita tidak memasukkan jari ke dalam telinga karena lubang telinga kebanyakan tidak cukup besar untuk dimasuki jari. Tak hanya hanya itu, melakukannya juga akan membuat serangga semakin masuk ke dalam dan akhirnya memicu rasa sakit. Selain itu, kita juga sebaiknya tidak mengorek lubang telinga dengan cotton bud. Hal ini juga akan membuat serangga akan semakin masuk jauh ke dalam lubang telinga dan bisa memicu kerusakan pada gendang telinga. Padahal, gendang telinga yang rusak bisa memicu kerusakan pendengaran.

Gunakan minyak zaitun untuk mengeluarkan serangga tersebut
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan minyak zaitun yang sudah dihangatkan terlebih dahulu untuk mengeluarkan serangga yang terjebak dalam lubang telinga. Dengan meneteskan minyak ini ke dalam lubang telinga, maka serangga akan mati dan akhirnya ikut keluar bersama dengan keluarnya minyak dari lubang telinga. Hanya saja, pastikan untuk menggunakan minyak yang masih hangat, bukannya panas karena bisa jadi suhu yang panas ini menyebabkan infeksi.

Menggunakan alkohol
Alkohol juga bisa diteteskan pada lubang telinga untuk mengeluarkan serangga ini. Hal ini disebabkan oleh sifat alkohl yang mampu membersihkan telinga.

Baca Juga:  Gara-Gara Keasikan Memakai Cotton Bud, Pria Ini Mendadak Tuli

Hanya saja, ada baiknya kita tetap berkonsultasi pada dokter setelah melakukannya untuk memastikan bahwa telinga kita tidak mengalami masalah kesehatan apapun.