Lakukan Hal ini Jika Tanda-Tanda Serangan Jantung Muncul

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang paling mematikan bagi manusia adalah serangan jantung. Banyak orang yang akhirnya meregang nyawa gara-gara tidak tahu tanda-tanda dari serangan jantung atau cara melakukan pertolongan pertama pada mereka yang terkena penyakit ini. Sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya, seperti apakah tanda-tanda dari serangan jantung yang bisa kita waspadai?

doktersehat-serangan-jantung-kejang

American College of Emergency Physicians (ACEP), menyebutkan jika kita sebaiknya mengetahui tanda-tanda awal dari serangan jantung agar bisa segera memeriksakan kondisi kesehatan lebih cepat sehingga tidak akan mudah terkena dampak yang jauh lebih berbahaya. Menurut pakar kesehatan dari ACEP, tanda-tanda dari serangan jantung yang kerap muncul adalah munculnya rasa tidak nyaman pada dada bagian tengah. Biasanya, rasa tidak nyaman ini diiringi dengan sensasi berat, tertekan, hingga diremas-remas. Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa menit namun kadangkala bisa muncul dan hilang berulang-ulang kali. Setelah itu, rasa sakit ini bisa saja menjalar hingga ke area bahu, leher, rahang, punggung, atau bahkan pada lengan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka tubuh pun semakin terasa tidak nyaman, kepala mulai pusing, keringat dingin mulai keluar, nafas semakin pendek, dan diiringi dengan mual-mual.

Pakar kesehatan dr. Becky Parker yang merupakan ketua dari ACEP ini menyebutkan jika ada pula gejala-gejala dari serangan jantung lainnya yang tidak terlalu sering muncul layaknya sakit perut, sesak nafas, pusing-pusing, hingga serangan panik.

Jika sudah merasakan tanda-tanda di atas, dr. Parker sangatlah menyarankan kita untuk memeriksakan diri ke dokter sehingga mendapatkan penanganan medis yang tepat. Dengan pemeriksaan lebih dini, diharapkan serangan jantung bisa dicegah dengan lebih baik dan hal ini bisa saja menyelamatkan nyawa kita.

Baca Juga:  Pemilik Golongan Darah Ini Memiliki Resiko Lebih Besar Terkena Serangan Jantung