Lakukan Hal Ini Jika Mengalami Tenggorokan Gatal Atau Batuk Kering

DokterSehat.Com– Belakangan ini cuaca di berbagai tempat semakin tidak menentu sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Banyak orang yang akhirnya mengalami batuk kering atau tenggorokan gatal gara-gara hal ini. Meskipun terlihat sepele, kedua masalah kesehatan ini bisa sangat mengganggu berbagai aktifitas harian kita. Lantas, apa yang bisa lakukan jika kita mengalami tenggorokan gatal atau batuk kering?

doktersehat-sakit-flu-batuk-orang-tua-penumonia-tersedak

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa selain faktor perubahan cuaca yang tidak menentu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya batuk kering dan juga tenggorokan gatal. Faktor tersebut adalah alergi, polusi udara, hingga makanan yang kita konsumsi. Hal ini berarti, selain menghindari benda yang menyebabkan alergi dan polusi udara, ada baiknya kita menghindari beberapa jenis makanan yang bisa memicu batuk kering layaknya gorengan saat masalah kesehatan ini muncul.

Saat mengalami batuk kering dan tenggorokan gatal, ada baiknya kita juga tidak menggunakan AC terlebih dahulu jika rumah atau ruangan tempat kerja kita menggunakannya. Jika kita merasa gerah, pakar kesehatan lebih menyarankan penggunaan handuk basah mengingat AC ternyata bisa membuat batuk kering menjadi lebih parah.

Batuk kering tentu saja harus diatasi agar kita tidak semakin menderita. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat yang dibeli di warung-warung dan sebaiknya berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat batuk kering yang tepat. Selain itu, cobalah untuk memperbanyak asupan air putih hangat untuk meringankan kondisi tenggorokan. Jika perlu, buatlah campuran air, lemon, dan madu yang bisa meringankan batuk kering. Selain itu, berkumur-kumurlah dengan air garam yang bisa membantu pembersihan bakteri pada tenggorokan.

Dengan sigap mengatasi batuk kering, maka kita pun bisa mencegah masalah kesehatan ini merembet menjadi masalah kesehatan yang jauh lebih serius.