Lakukan Hal ini Jika Ingin Mencegah Batu Ginjal

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang cukup banyak ditakuti oleh para pekerja kantoran di Indonesia adalah batu ginjal. Bagaimana tidak, pekerja kantoran yang cenderung tidak banyak bergerak dan juga kurang minum karena terlalu sibuk bekerja akan lebih mudah membentuk batu ginjal yang akan menghambat saluran kencing mereka. Penderita batu ginjal biasanya akan sangat menderita saat harus buang air kecil. Agar tidak terkena masalah batu ginjal, ada baiknya kita melakukan hal-hal berikut.

doktersehat-batu-ginjal-kanker

Mencukupi Asupan Air Putih
Penyebab utama dari batu ginjal adalah kita kurang minum air putih sehingga berbagai mineral dan kalsium tidak bisa dibuang bersama dengan urine karena jumlah urine yang sangat minim. Karena urine yang terlalu pekat, maka berbagai mineral ini akan mengkristal dan membentuk batu ginjal. Untuk menghindari hal ini, pastikan agar kita setidaknya minum 8 gelas air putih dalam sehari agar urine tidak terlalu pekat dan berbagai mineral tersebut bisa terbuang dengan urine secara maksimal.

Banyak Bergerak
Sebuah penelitian menunjukkan fakta bahwa dengan menyempatkan melakukan olahraga ringan bisa menurunkan resiko terkena batu ginjal hingga 33 persen. Kita bisa menyempatkan berjalan kaki atau melakukan peregangan alih-alih hanya duduk diam atau bermalas-malasan agar tidak mudah terkena batu ginjal.

Menghindari Minuman Soda
Minuman bersoda memang akan sangat nikmat untuk dikonsumsi, khususnya di siang hari yang panas nan terik. Sayangnya, minuman bersoda ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga bisa memberikan efek samping buruk bagi tubuh kita. Kandungan fruktosa ini jika kita minum akan membuat kadar kalsium, oksalat, dan ekskresi asam urat di dalam tubuh meningkat dan bisa membentuk batu ginjal.

Baca Juga:  Pernahkan Mengalami Tindihan saat Tidur ?

Meminum Kopi di Pagi Hari
Tahukah anda jika orang yang rutin meminum secangkir kopi di pagi hari akan menurunkan resiko terkena batu ginjal hingga 26 persen. Hal ini berarti, cobalah untuk mulai rutin meminum kopi agar kita terhindar dari masalah kesehatan ini.