Lakukan Hal Ini Jika Gigi Kerap Terasa Ngilu

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan gigi yang cukup merepotkan adalah masalah gigi sensitif. Bagaimana tidak, gara-gara hal ini, kita bisa merasakan ngilu saat mengkonsumsi makanan yang panas ataupun dingin. Tak hanya ngilu, masalah gigi sensitif juga bisa membuat kita mengalami kepala pusing yang tentu akan menghambat aktifitas sehari-hari. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah gigi sensitif ini? Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-sakit-gigi-linu

Menggunakan pasta gigi khusus
Kita tentu pernah mendengar iklan yang menyebutkan jika pasta gigi tertentu bisa mengatasi masalah gigi sensitif, bukan? Pakar kesehatan berkata bahwa ada baiknya penderita masalah gigi sensitif menggunakan pasta gigi khusus tersebut. Biasanya, pasta gigi yang dibuat khusus bagi penderita masalah gigi sensitif ini menggunakan teknologi Novamin yang bisa membantu pembentukan lapisan mineral gigi 1,5 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan lapisan alami dentin. Hal ini tentu akan membuat masalah gigi sensitif mereda.

Menghindari konsumsi kafein
Penderita masalah gigi sensitif ternyata sebaiknya menghindari konsumsi minuman berkafein terlebih dahulu layaknya kopi atau teh. Tak hanya itu, beberapa minuman lainnya layaknya minuman beralkohol atau minuman yang mengandung asam juga sebaiknya dihindari karena bisa membuat lapisan gigi lebih terbuka sehingga gigi pun bisa menjadi lebih sensitif dan mudah ngilu.

Berhenti menggeretakkan gigi
Salah satu penyebab masalah gigi sensitif yang tidak disadari oleh banyak orang adalah kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur yang tentu akan mengikis enamel gigi dengan cepat. Ada baiknya kita memeriksakan kondisi ini dokter agar tidak lagi mengalami masalah menggeretakkan gigi saat tidur.

Mengunjungi dokter gigi
Masalah gigi sensitif tidak boleh disepelekan sehingga kita sebaiknya harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan khusus atau obat-obatan tertentu sehingga kita pun tak akan lagi merasakan ngilu yang sangat mengganggu.