Lakukan Hal Ini Jika Duri Ikan Tersangkut di Tenggorokan

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan ikan? Selain kaya akan kandungan gizi, ikan juga bisa diolah menjadi berbagai masakan yang memiliki rasa yang lezat. Sayangnya, kadangkala kita tidak berhati-hati saat mengkonsumsinya sehingga duri dari ikan ini akhirnya tersangkut di tenggorokan. Jika hal ini terjadi, kita tentu akan merasakan sakit saat menelan. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengeluarkan duri ikan ini dari tenggorokan?

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

Jangan memakai tangan
Banyak orang yang langsung memakai jarinya untuk mencari duri yang tersangkut tersebut di tenggorokan. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, hal ini justru bisa memicu infeksi atau cedera pada kerongkongan, apalagi jika tangan tersebut ternyata berada dalam kondisi yang kotor.

Mencoba untuk batuk
Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengeluarkan duri ikan yang tersangkut ini adalah dengan mencoba untuk batuk sekeras mungkin.

Menelan sekepal nasi
Jika batuk tidak bisa membantu mengeluarkan duri ini, cobalah untuk menelan bola-bola nasi tanpa dikunyah terlebih dahulu. Bola-bola nasi ini diharapkan akan mendorong duri ini terlepas dari tenggorokan dan masuk ke dalam saluran pencernaan. Hanya saja, pastikan untuk tidak menelan bola nasi yang terlalu besar karena bisa memicu tersedak.

Minum air garam
Cara lain yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan duri yang tersangkut adalah meminum air yang sudah diberi campuran garam. Jika ukuran duri ini kecil, biasanya akan mudah ikut luruh bersama dengan air garam tersebut.

Menelan marshmallow
Kunyahlah beberapa marshmallow namun usahakan agar tidak sampai halus. Setelahnya, telan marshamallow tersebut. Tekstur tebal dan kenyal dari marshmallow ini diharapkan bisa membuat duri menempel dan ikut terbawa ke saluran pencernaan.

Makan buah pisang
Layaknya saat kita makan nasi, kita juga bisa menelan beberapa potong buah pisang. Tekstur lengket buah pisang diharapkan bisa menarik duri ini terlepas dari kerongkongan dan ikut masuk ke dalam perut.

Jika berbagai cara tersebut tidak bisa mengeluarkan duri dari kerongkongan, segeralah memeriksakan hal ini ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Jangan biarkan duri ini terus tersangkut karena bisa menyebabkan pembengkakan atau iritasi.