Lakukan Hal Ini Jika Batuk Tak Juga Sembuh

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu adalah batuk, apalagi jika batuk tersebut adalah batuk berdahak. Tak hanya membuat tenggorokan terasa gatal, batuk juga akan membuat rasa sakit pada dada, sesak nafas, hingga badan yang terasa lemas.

doktersehat-batuk-keracunan-gas-monoksida-rejan-pertusis-Pneumonia-Atipik

Untuk mengatasi masalah batuk ini, kita bisa mengkonsumsi obat-obatan yang didapatkan dari toko terdekat atau obat dari dokter. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C agar sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga mampu melawan penyakit ini.

Normalnya, batuk akan segera sembuh jika kita sudah mencoba untuk minum obat. Hanya saja, kadangkala batuk bisa sangat membandel dan tidak kunjung mereda hingga beberapa minggu lamanya. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter karena dikhawatirkan batuk yang berlangsung lama adalah tanda dari masalah kesehatan yang jauh lebih serius. Jika setelah diperiksakan ke dokter batuk yang diderita ternyata adalah batuk biasa, bisa jadi lamanya batuk ini berlangsung disebabkan oleh kebiasaan beristirahat kita yang buruk.

Telah ada penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa salah satu penyebab batuk yang tak kunjung mereda meskipun kita sudah meminum obat adalah karena tubuh yang terlalu lelah sehingga menghambat proses pemulihan. Selain itu, pikiran yang masih dilanda stress juga menghambat perbaikan sistem imun tubuh. Karena alasan inilah ada baiknya kita memberikan kesempatan bagi tubuh untuk benar-benar beristirahat saat terkena penyakit ini.

Tak hanya beristirahat, ada baiknya kita melanjutkan minum obat sesuai dengan saran dokter, mengkonsumsi makanan dan minuman makanan yang sehat dan bergizi, menghindari makanan dan minuman yang bisa memperparah batuk, serta memperbanyak asupan air putih agar penyakit ini bisa segera sembuh.