Lakukan Hal Ini Agar Tidak Mudah Terkena Mimpi Buruk

DokterSehat.Com– Anda kerap mengalami mimpi buruk atau bahkan terkena insomnia? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kedua masalah tersebut, yakni dengan membaca buku sebelum tidur. Menurut laman Bustle, telah ada penelitian yang menyebutkan bahwa membaca bisa membuat kita tidur dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dilakukan jika rutin melakukannya sebelum tidur.

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Menekan stress
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Sussex, disebutkan bahwa membaca buku yang kita suka selama 1 jam saja sudah bisa menekan stress dengan signifikan. Dampak positif ini bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan mendengarkan musik atau minum teh.

Membuat kita tidak menonton televisi
Asik membaca buku membuat kita tidak tertarik untuk menonton televisi atau bermain gadget. Hal ini tentu akan membuat kita menghindari paparan cahaya terang sebelum tidur yang bisa membuat kita sulit untuk terlelap.

Mencegah mimpi buruk
Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi mimpi kita. Jika kita sedang memiliki banyak masalah misalnya, bisa jadi hal ini akan terbawa hingga ke dalam tidur dan menyebabkan mimpi buruk. Dengan membaca buku, besar kemungkinan cerita buku inilah yang akan terbawa dalam mimpi kita.

Membuat kita lebih mudah mengantuk
Dengan membaca, tubuh akan menjadi lebih rileks dan akhirnya mengantuk. Hal ini tentu akan membantu penderita masalah insomnia untuk lebih mudah tidur. Hanya saja, pastikan untuk tidak membaca buku berjenis horror atau thriller yang justru membuat kita susah tidur.