Lakukan Hal ini Agar Tidak Mengalami Bau Mulut Saat Berpuasa

DokterSehat.Com – Tak hanya merasa lapar dan haus, cukup banyak orang yang berpuasa yang mengalami masalah bau mulut. Meskipun kita sudah berusaha untuk membersihkan gigi dan mulut, kondisi mulut yang tidak mengkonsumsi makanan atau minuman pada akhirnya memicu masalah bau mulut ini. Mengingat masalah ini bisa menyebabkan kehilangan kepercayaan diri, ada baiknya kita melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah munculnya bau mulut.

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Pakar kesehatan yang berasal dari Lowenberg Lituchy & Kantor bernama dr. Brian Kantor menyebutkan bahwa air liur atau saliva pada mulut kita ternyata mengandung kadar oksigen yang sangat tinggi. Fungsi dari kadar oksigen ini sendiri adalah untuk membunuh bakteri. Tak hanya itu, air liur juga memiliki kemampuan memecah partikel makanan serta menyingkirkan berbagai macam kotoran dari mulut sehingga tidak akan tertelan. Sayangnya, karena tidak ada makanan atau minuman yang masuk saat berpuasa, maka produksi air liur tidak akan sebanyak biasanya. Hal ini ternyata bisa memicu perkembangan bakteri yang pada akhirnya memicu masalah bau mulut.

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mencegah masalah bau mulut saat berpuasa adalah dengan memilih obat kumur yang tepat. Sebagai informasi, obat kumur bisa membuat mulut kita lebih bersih setelah menyikat gigi secara teratur. Hanya saja, pastikan untuk memilih obat kumur yang tidak memiliki kandungan alkohol. Cukup banyak obat kumur dengan kandungan alkohol yang ternyata bisa membuat mulut cenderung lebih kering dan akhirnya tetap saja menyebabkan masalah bau mulut.

Cara berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mencegah bau mulut adalah dengan selalu menggosok lidah setelah menyikat gigi. Menurut dr. Kantor, tak hanya gigi, lidah ternyata memiliki permukaan yang bisa menjadi tempat sisa-sisa partikel makanan bersarang. Jika kita hanya menyikat gigi, hanya area gigi saja yang bisa kita bersihkan, namun lidah tetap memiliki sisa partikel makanan yang bisa menjadi tempat bakteri bersarang dan memicu bau mulut. Dengan menggosok lidah, maka lidah akan bersih dan tidak akan menyebabkan masalah bau mulut.