Lakukan Hal Ini Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Mudik

DokterSehat.Com– Tak hanya mempersiapkan moda transportasi jenis apa yang akan kita gunakan untuk melakukan mudik lebaran, ada baiknya kita juga mempersiapkan kondisi badan agar tidak mudah jatuh sakit saat melakukan perjalanan ke tempat asal. Salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang kita saat melakukan mudik adalah mabuk perjalanan. Jika kita mengalaminya, perjalanan pun bisa menjadi hal yang sangat menyiksa. Kondisi tubuh bahkan bisa benar-benar drop saat sampai di tempat tujuan sehingga kita pun tidak bisa menikmati perayaan Hari Lebaran bersama dengan keluarga.

doktersehat-mual-muntah

Pakar kesehatan dr. Sujana Chandrasekhar menyebutkan bahwa mabuk perjalanan disebabkan oleh kekeliruan tafsiran stimulus pada otak saat kita berada dalam kendaraan sehingga memicu rasa mual-mual. Menurut beliau, mereka yang masih anak-anak di bawah usia 12 tahun, ibu hamil, dan mereka yang lebih mudah mengalami migrain cenderung lebih mudah terkena masalah kesehatan ini saat melakukan mudik. Untuk mencegah datangnya mabuk perjalanan ini, ada baiknya kita melakukan persiapan seperti sebagai berikut.

Memperhatikan apa yang kita makan dan minum
Jangan mengkonsumsi makanan dengan berlebihan dan yang membuat perut terasa penuh. Makanan yang memiliki bumbu kuat, berlemak, atau berbau menyengat sebaiknya kita hindari sebelum dan saat melakukan perjalanan. Selain itu, hindari pula konsumsi minuman bersoda.

Memilih posisi tempat duduk di kendaraan
Jika kita membawa mobil pribadi, kita bisa membuka jendela agar bisa selalu mendapatkan udara segar. Selain itu, cobalah untuk memilih posisi di bangku depan saja. Jika anda menggunakan kendaraan umum, jangan memilih posisi tempat duduk yang membelakangi laju kendaraan. Selain itu, jangan terlalu sering membaca pesan pada ponsel atau membaca buku karena hal tersebut bisa menyebabkan pusing dan mual-mual.

Baca Juga:  Minuman Bersoda Bisa Mengatasi Mabuk Perjalanan?

Meminum obat anti mabuk
Kita bisa saja membeli obat anti mabuk di toko-toko atau apotek terdekat. Jika perlu, kita juga bisa meminta resep obat dari dokter. Dengan mengkonsumsinya, kita pun bisa menjalani mudik perjalanan dengan aman dan nyaman hingga sampai ke tujuan.