Lakukan Hal Ini Agar Tetap Bisa Makan Sehat di Restoran

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika makan di rumah atau membawa bekal makanan dari dalam rumah akan membuat kita selalu mengkonsumsi makanan yang jauh lebih sehat. Dalam realitanya, kita memang tidak bisa menjamin kebersihan hingga kesehatan bahan-bahan makanan yang kita konsumsi di tempat makan atau restoran-restoran. Selain itu, ada kecenderungan kita akan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat andai kita makan di restoran.

doktersehat-makan-ikan-omega3-vitamin

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim gabungan dari Perelman School of Medicine University of Pennsylvania dan Carnegie Mellon University menyebutkan jika dari 885 mahasiswa atau karyawan yang memesan makan siang di restoran, kebanyakan dari mereka akan memilih makanan yang kaya akan kalori. Eric van Epps, PhD, pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan jika saat kita berada di restoran, kita akan cenderung memiliki waktu yang singkat untuk memesan makanan sehingga kita tidak bisa benar-benar menyempatkan waktu untuk memilah-milah mana makanan yang cenderung sehat atau memiliki kadar gizi yang seimbang. Alhasil, kita justru akan memilih makanan berdasarkan selera makan atau yang menggugah nafsu makan saja. Padahal, kebanyakan makanan yang menggugah selera adalah makanan yang tidak sehat layaknya daging yang penuh dengan lemak. Selain itu, ada kecenderungan kita akan memesan makanan apa saja saat kita merasa lapar sehingga yang terjadi adalah kita akan memilih makanan yang kurang sehat.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan agar tetap bisa mengkonsumsi makanan sehat di restoran? Pakar gizi Shira Lencheski, MS, RD, yang berasal dari Los Angeles, menyebutkan jika andai kita memiliki waktu satu jam sebelum jam makan untuk memilih makanan, maka kita bisa menurunkan kemungkinan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan berlemak. Ia pun menyarankan mereka yang sering makan di luar rumah untuk mengecek menu restoran secara online terlebih dahulu sebelum berangkat ke restoran. Dengan ada banyak waktu untuk memilih makanan, kita pun bisa mendapatkan makanan yang lebih sehat bagi kesehatan tubuh.