Lakukan Hal Ini Agar Terbebas Dari Stroke dan Serangan Jantung

DokterSehat.Com– Serangan jantung dan stroke adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Pada tahun 2012, WHO mencatat bahwa ada 17,5 juta orang harus meregang nyawa gara-gara masalah kesehatan ini. Apakah tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya kedua penyakit ini?

doktersehat-serangan-jantung-heart-attack

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa 80 persen serangan jantung dini serta stroke ternyata bisa dicegah dengan cara melakukan berbagai hal berikut ini.

Menjaga pola makan dengan sehat
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pola makan yang sehat bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke dengan signifikan. Ada baiknya kita memperbanyak asupan buah, sayuran, biji-bijian, daging ikan, kacang-kacangan, serta daging tanpa lemak. Selain itu, mulailah kurang asupan garam, gula dan lemak. Konsumsi alkohol juga sebaiknya tidak dilakukan demi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Berolahraga dengan teratur
Melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya mampu membuat organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah tetap sehat sehingga tidak mudah terkena penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Tidak menggunakan produk tembakau
Hindarilah produk tembakau seperti rokok, cerutu, hingga tembakau yang dikunyah karena bisa berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Pastikan pula untuk tidak menjadi perokok pasif.

Rutin mengecek tekanan darah
Banyak orang yang tidak menyadari kondisi tekanan darahnya karena memang seringkali perubahan tekanan darah tidak banyak menimbulkan gejala. Padahal, jika tekanan darah ternyata sangat tinggi, maka resiko untuk terkena serangan jantung atau stroke juga meningkat.

Memeriksa kadar lipid darah
Kolesterol dan lipid yang berada dalam kondisi tidak normal bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.

Memeriksa kadar gula darah secara rutin
Kadar gula darah yang tinggi dan para penderita diabetes cenderung memiliki resiko besar untuk terkena serangan jantung dan stroke. Dengan mengetahui kadar gula darah, kita bisa menjaganya tetap normal agar tidak mudah terkena serangan kedua penyakit berbahaya tersebut.

Baca Juga:  Wah, Rokok Ternyata Bisa Membuat Tulang Keropos