Lakukan Hal Ini Agar Rambut Bayi Lebih Lebat

DokterSehat.Com– Setiap orang tua tentu ingin rambut bayinya lebat. Sayangnya, cukup banyak bayi yang tidak mengalami pertumbuhan rambut dengan maksimal sehingga rambutnya cenderung tipis atau bahkan tumbuh dengan ketebalan yang tidak merata. Padahal, jika rambut bayi bisa tumbuh dengan lebat, maka bayi tentu akan menjadi terlihat lebih lucu dan menggemaskan.

bayi_makan_doktersehat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa saat di dalam kandungan, bayi sebebenarnya sudah mengalami pertumbuhan rambut. Karena alasan inilah, ada bayi yang terlahir dengan kondisi rambut yang cukup lebat. Hanya saja, dalam enam bulan pertama bayi, rambut ini akan rontok secara alami dan akan tumbuh kembali rambut yang baru. Demi memaksimalkan pertumbuhan rambut tersebut, kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Rutin membersihkan kulit kepala bayi
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan shampoo yang dikhususkan untuk bayi. Biasanya, shampoo ini tidak akan membuat mata pedih, tidak memiliki kandungan busa yang berlebihan, dan tidak memiliki kandungan alkohol. Setelah terlahir, ada bayi yang memiliki kerak pada kulit kepalanya yang sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan shampoo dan disertai dengan pijatan lembut saat agar bisa merangsang pertumbuhan bayi menjadi lebih lebat.

Mengkonsumsi asupan bergizi
Saat bayi masih mengkonsumsi ASI eksklusif dalam enam bulan pertama kehidupannya, ada baiknya ibu mengkonsumsi makanan yang bergizi agar ASI yang didapatkan bayi memiliki nutrisi yang bisa membantu pertumbuhan rambut bayi.

Memberikan MPASI yang bergizi
Setelah usia bayi mencapai enam bulan, ada baiknya kita memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang bergizi dan kaya akan kandungan vitamin B1 atau thiamin dan vitamin B7 atau biotin. Kandungan vitamin ini bisa merangsang pertumbuhan rambut bayi menjadi lebih baik. Makanan layaknya jeruk, semangka, bayam, brokoli, wortel, kacang hijau, ikan salmon, stroberi, alpukat, pisang, atau telur sangat disarankan untuk diberikan sebagai MPASI bagi sang buah hati.