Lakukan Hal Ini Agar Puasa Tetap Lancar Meskipun Terkena Batuk

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang bisa sangat mengganggu ibadah puasa kita adalah batuk. Bagaimana tidak, tenggorokan akan terasa gatal sehingga membuat kita memiliki keinginan lebih untuk minum air. Sayangnya, kita tentu tidak bisa minum air hingga waktu berbuka tiba, bukan? Lantas, apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar puasa bisa tetap lancar meskipun kita sedang terkena batuk?

doktersehat-sakit-flu-batuk-orang-tua-penumonia-tersedak

Mencukupi kebutuhan air saat berbuka dan sahur
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memenuhi kebutuhan air minum meskipun kita sedang terkena batuk atau tidak. Di bulan puasa ini, ada baiknya kita tetap minum 8 gelas air putih setiap hari diantara waktu berbuka dan sahur. Dengan memperbanyak asupan air putih, maka kita bisa membantu tubuh untuk meredakan batuk. Ada baiknya kita juga meminum air putih hangat saja karena kehangatan air ini bisa membuat dahak pada tenggorokan luruh sehingga lebih mudah untuk dibuang.

Menghindari gorengan
Salah satu makanan yang banyak diminati banyak orang untuk berbuka puasa adalah gorengan. Sayangnya, dibalik kenikmatan gorengan ini, pakar kesehatan menyebutkan jika mengkonsumsi makanan ini saat berbuka bisa menyebabkan batuk. Saat digoreng, makanan akan melepaskan senyawa akrolein yang bisa membuat tenggorokan teriritasi atau membuat peradangan menjadi semakin parah. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak lagi mengkonsumsi gorengan saat berbuka jika sedang batuk.

Tidak meminum minuman dengan pemanis buatan
Minuman botolan, kalengan, hingga es buah atau es kelapa yang banyak tersedia di pinggir jalan sebaiknya tidak kita konsumsi terlebih dahulu jika sedang sakit batuk. Minuman yang kaya akan pemanis buatan ini bisa membuat tenggorokan teriritasi sekaligus membuat batuk menjadi semakin parah. Selain itu, hindari pula minuman dingin atau es agar karena minuman ini bisa menyebabkan reaksi alergi dan membuat dahak menjadi semakin banyak.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Jika Batuk Tak Juga Sembuh

Meminum jahe hangat
Agar batuk dan nyeri tenggorokan bisa segera disembuhkan, cobalah untuk mengkonsumsi jahe hangat sebelum tidur. Minuman ini kaya akan kandungan antioksidan dan oleoresin yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat sekaligus melawan kuman penyebab batuk.