Lakukan Hal Ini Agar Pria Tidak Mudah Terkena Kanker Prostat

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh kaum pria adalah kanker prostat. Tak hanya membuat badan menjadi sakit, kanker prostat juga akan berpengaruh besar bagi kesuburan kaum pria. Untuk mencegahnya, pakar kesehatan menyebutkan jika pria harus melakukan gaya hidup sehat, sesuatu yang cukup sulit dilakukan karena ada kecenderungan kaum pria memang menyepelekan kesehatannya jika dibandingkan dengan kaum pria. Apa saja yang harus dilakukan kaum pria agar terhindar dari masalah kanker prostat ini?

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Oncology menyebutkan jika pria bisa melakukan gaya hidup sehat yang berarti mereka harus berhenti melakukan beberapa gaya hidup yang buruk layaknya merokok, berhenti mengkonsumsi banyak minuman beralkohol dan harus membatasinya paling banyak dua gelas saja setiap hari, mulai rutin berolahraga setidaknya dengan durasi total 150 menit setiap minggunya, dan menjaga indeks masa tubuh tetap ideal dalam kisaran angka 19 hingga 25 yang berarti mereka harus lebih baik dalam menata pola makan yang lebih sehat.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat tersebut, diketahui bahwa pria bisa menurunkan resiko terkena kanker prostat hingga 40 persen. Angka yang cukup signifikan, bukan? Pakar kesehatan dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, Amerika Serikat, bernama Minyang Song menyebutkan jika pria harus mulai melakukan gaya hidup sehat tersebut semenjak usia yang muda. Jika mereka mengabaikannya, sebagai contoh dengan tetap merokok atau mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, maka bisa jadi akan ada kerusakan DNA dalam tubuh yang pada akhirnya memicu munculnya kanker, termasuk kanker prostat.

Song juga menyebutkan jika dengan melakukan gaya hidup sehat tersebut, pria akan mendapatkan keuntungan berupa tak hanya menurunkan kanker prostat, namun juga akan menurunkan resiko terkena penyakit lainnya layaknya diabetes dan penyakit jantung yang terkenal mematikan.