Lakukan Hal Ini Agar Mual-Mual Saat Hamil Bisa Mereda

DokterSehat.Com – Gangguan kesehatan yang cukup sering menyerang ibu hamil adalah munculnya rasa mual yang kerap kali muncul di pagi hari. Rasa mual-mual ini tentu akan membuat ibu hamil merasa kurang nyaman atau menjadi kurang bersemangat untuk melakukan berbagai macam aktifitas. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa cara alami yang cukup efektif untuk mengatasi rasa mual-mual ini. Apa sajakah cara-cara tersebut?

doktersehat-hamil-mual-muntah

Meminum air putih
Jangan sepelekan manfaat dari meminum air putih ini dalam mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Pakar kesehatan sangat merekomendasikan ibu hamil untuk secara perlahan meminumnya setelah bangun pagi. Selain itu, cobalah untuk secara teratur meminumnya satu jam sekali agar rasa mual-mual ini bisa mereda. Tak hanya mengurangi rasa mual, konsumsi air putih juga menjaga ibu hamil tidak mudah terkena dehidrasi.

Mengkonsumsi jahe
Jahe sudah dikenal luas sebagai bahan alami yang bisa mengurangi mual-mual saat hamil. Kita tinggal menghaluskan jahe untuk kemudian diperas. Air perasan jahe ini kemudian kita campurkan dengan madu agar bisa cukup nikmat untuk diminum secara perlahan di pagi hari. Dengan rutin mengkonsumsi ramuan jahe ini, perut ibu hamil pun menjadi lebih tenang dan tidak mudah terasa mual.

Mencium aroma lemon
Pakar kesehatan berkata bahwa untuk mengurangi rasa mual-mual yang kerap muncul di pagi hari, ibu hamil tinggal membelah lemon dan mencium aromanya. Cara sederhana ini diyakini mampu membuat perut ibu hamil menjadi lebih tenang.

Meminum jus buah
Meminum jus buah yang memiliki kadar gula yang rendah ternyata juga bisa menurunkan rasa mual pada ibu hamil. Rasa asam alami dari buah inilah yang akan membuat perut ibu hamil terasa lebih nyaman.

Baca Juga:  Minuman Ini Sangat Direkomendasikan Bagi Ibu Hamil

Mengkonsumsi kacang
Salah satu penyebab munculnya rasa mual-mual pada ibu hamil adalah kekurangan asupan protein. Untuk menghindari hal ini, ibu hamil bisa mulai rutin mengkonsumsi kacang-kacangan layaknya dari kacang tanah atau kacang almond.