Lakukan Hal Ini Agar Kesehatan Tenggorokan Tetap Terjaga

DokterSehat.Com – Belakangan ini cuaca sedang sangat tidak karuan dimana hujan justru kerap turun meskipun seharusnya kini adalah musim kemarau yang kering. Kondisi cuaca yang tak menentu tentu bisa membuat tubuh kita mengalami berbagai masalah kesehatan, khususnya pada bagian tenggorokan kita. Kita bisa saja terkena batuk atau radang tenggorokan yang akan sangat mengganggu. Lantas, apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tenggorokan agar tidak mudah terkena penyakit?

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

Menggosok gigi
Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tenggorokan adalah menggosok gigi. Selain bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, menggosok gigi ternyata juga bisa memberikan keuntungan bagi tenggorokan. Hal ini dikarenakan bakteri pada mulut yang bisa memicu masalah pada tenggorokan layaknya radang tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak. Rajin-rajinlah menggosok gigi setidaknya dua kali sehari, khususnya sebelum tidur agar kesehatan tenggorokan tetap terjaga.

Minum air putih dengan cukup
Selain menjaga tubuh terhindari dari dehidrasi, air putih juga sangat baik bagi kesehatan tenggorokan. Setidaknya cukupi kebutuhan air putih dalam sehari yakni sekitar enam hingga delapan gelas per hari. Selain itu, konsumsi juga minuman yang sehat lainnya layaknya campuran air jahe dan madu yang hangat dan bisa membuat tenggorokan menjadi semakin hangat.

Jangan pernah berbagi peralatan makan
Jangan sekali-kali berbagai peralatan makan layaknya gelas atau sendok makan dengan orang lain. Ada kemungkinan kuman yang ada di mulut orang lain akan berpindah ke mulut kita saat menggunakan peralatan makan yang sama dan hal ini sangatlah kurang baik bagi kesehatan tenggorokan kita.

Rutin-rutinlah berkumur air garam
Meskipun terlihat sederhana, dalam realitanya berkumur air garam bisa menjaga mulut dan tenggorokan steril dari berbagai kuman. Lakukan kegiatan ini beberapa kali dalam sseminggu dan kesehatan tenggorokan pun akan tetap terjaga.