Lakukan Hal Ini Agar Kaki Tidak Terkena Kapalan

DokterSehat.Com– Meskipun kerap tertutupi oleh sepatu atau kaos kaki, dalam realitanya setiap orang mendambakan kaki yang mulus dan terbebas dari kapalan. Saat terkena kapalan, maka kulit pada bagian bawah atau tumit kaki akan menebal sehingga akan membuat rasa tidak nyaman dan terasa sangat mengganggu. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika penyebab dari kaki yang kapalan ini adalah penggunaan sepatu dengan ukuran yang tidak pas sehingga menyebabkan gesekan pada kulit kaki atau kebiasaan untuk tidak menggunakan alas kaki untuk berjalan dimana saja. Mengingat kapalan bisa membuat seseorang tidak percaya diri, ada baiknya kita melakukan berbagai cara ini untuk mengatasinya seperti sebagai berikut.

doktersehat-tumit-kaki

Merendam kaki dengan air hangat
Jika kaki anda sudah terlanjur kapalan, jangan menggunting atau bahkan memarutnya agar hilang karena hal tersebut cukup berbahaya. Cobalah untuk rutin merendam kaki yang kapalan di dalam air hangat yang sudah diberi sabun. Kita bisa merendam kaki sekitar 10 menit sembari menggosok-gosok kaki dengan batu atau alat tertentu yang bisa digunakan untuk menggosok kaki. Dengan melakukannya secara rutin, maka kita pun bisa segera mengatasi masalah kapalan dan kaki bisa kembali mulus.

Menggunakan salep
Jika anda ingin segera menghilangkan salep, anda bisa mendapatkan salep antibiotik khusus yang bisa mengatasi kapalan pada dokter atau di apotek terdekat. Dengan mengoleskan salep ini pada kulit kaki yang kapalan, maka kita bisa mencegah datangnya luka atau infeksi pada kulit yang kapalan. Sebagai informasi, bagian kulit kaki yang kapalan ini bisa mengalami masalah berupa iritasi, pembengkakan, rasa nyeri, atau bahkan kemerahan.

Menggunakan bantalan kaki
Tak hanya menggunakan sepatu dengan ukuran yang tepat, ada baiknya kita menggunakan bantalan kaki yang bisa menahan pertumbuhan kulit pada kaki agar tidak semakin menebal. Bantalan kaki juga akan membuat kita semakin terhindar dari iritasi.