Lakukan Hal Ini Agar Ibu Hamil Tidak Mudah Terkena Wasir

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang bisa menimpa ibu hamil, khususnya yang sudah hamil tua adalah wasir. Mengingat wasir bisa membuat rasa tidak nyaman saat duduk, melakukan buang air besar, atau bahkan saat melakukan persalinan, ada baiknya ibu hamil mulai memperhatikan apa yang Ia konsumsi setiap hari agar masalah kesehatan ini tidak mudah muncul.

doktersehat-senam-ibu-hamil-yoga-mencegah-wasir

Setiap ibu hamil tentu harus memastikan dirinya mengkonsumsi makanan yang bergizi setiap hari. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang hanya berpikir jika asalkan mereka makan dengan porsi lebih banyak, maka kebutuhan gizi bagi tubuhnya dan janin di dalam kandungan sudah terpenuhi. Di masa-masa kehamilan inilah, ibu hamil sebaiknya memperhatikan nilai gizi dari makanan yang kita konsumsi dengan lebih baik karena hal ini bisa memberikan peran besar bagi perkembangan janin. Salah satu asupan gizi yang tidak boleh dilewatkan adalah serat karena bisa menyehatkan pencernaan sekaligus mencegah wasir pada ibu hamil.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan beberapa makanan yang kaya serat untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Sebagai contoh, ibu hamil bisa mengkonsumsi sereal dari gandum atau tepung padi setidaknya dua kali dalam sepekan. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya mulai kerap mengkonsumsi buah segar layaknya apel, pisang, tomat, buah-buahan berry, pir, dan lain sebagainya. Pastikan pula untuk memperbanyak asupan sayuran hijau atau salad. Jika perlu, ibu hamil juga bisa menambah konsumsi camilan sehat seperti kacang-kacangan.

Makanan lain yang sebaiknya tidak dilewatkan oleh ibu hamil jika ingin mencegah datangnya wasir adalah bubur kacang hijau atau sari kedelai. Makanan yang memiliki rasa enak ini tentu bisa memberikan banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu sekaligus mendukung perkembangan janin.