Lakukan Hal Ini Agar Ibu Hamil Tidak Mengalami Keguguran

DokterSehat.Com– Saat hamil, ibu tentu harus menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. Tak hanya bisa mendukung perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan, hal ini tentu akan mencegah masalah keguguran. Sebagai informasi, keguguran pada ibu hamil bisa disebabkan oleh banyak hal, dari gaya hidup ibu yang cenderung tidak sehat, hingga adanya komplikasi kehamilan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar tidak mudah terkena masalah keguguran.

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Tidak mengkonsumsi makanan yang bisa memicu rasa panas
Di trimester awal kehamilan, ibu memang sebaiknya tidak sembarangan mengkonsumsi makanan, khususnya makanan yang bisa memicu rasa panas. Makanan yang terasa sangat pedas, nanas, atau bahkan pepaya muda sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil demi menghindari masalah keguguran. Sebagai informasi, fase trimester pertama kehamilan adalah fase paling krusial bagi perkembangan dan kesehatan janin sehingga sebaiknya ibu hamil lebih berhati-hati dalam menjaga pola makannya.

Tidak mengkonsumsi makanan cepat saji
Meskipun memiliki rasa yang enak, makanan cepat saji sangatlah kaya akan bahan pengawet, bahan pewarna, perasa tambahan, dan berbagai bahan tidak sehat lainnya yang tentu bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

Tidak bepergian dalam jarak yang jauh
Saat fase awal kehamilan, ada baiknya ibu hamil tidak melakukan perjalanan yang jauh. Andai hal ini tetap dilakukan, maka dikhawatirkan ibu hamil akan kelelahan dan hal ini akhirnya akan mengganggu perkembangan dan kesehatan janin. Tak hanya bepergian dalam jarak yang terlalu jauh, ibu hamil juga sebaiknya tidak beraktifitas terlalu banyak karena hal ini bisa menyebabkan kelelahan yang pada akhirnya berujung pada keguguran.

Mengendalikan stress
Stress atau perasaan tertekan ternyata bisa memicu keguguran pada ibu hamil. Karena alasan inilah ada baiknya ibu hamil mengelola stress dengan baik dan mendapatkan dukungan dari keluarga atau orang-orang sekitar. Tak hanya itu, ibu hamil juga sebaiknya melakukan olahraga yang bisa membuat fisik dan pikiran menjadi lebih bugar.