Lakukan Hal Ini Agar Berjalan Kaki Bisa Membakar Kalori Lebih Banyak

DokterSehat.Com – Siapa bilang berjalan kaki adalah hal yang sepele untuk dilakukan? Memang, setiap hari kita akan berjalan untuk mencapai satu tempat atau tempat lainnya. Namun, jika kita menyempatkan beberapa waktu untuk rutin berjalan kaki, kita ternyata bisa mendapatkan faedah berupa kesehatan tubuh yang lebih baik. Dengan berjalan kaki, kita bahkan bisa membakar kalori dengan lebih banyak yang tentu bisa berimbas pada berat badan yang lebih ideal dan sehat. Namun, untuk mendapatkan pembakaran kalori yang lebih baik, kita tentu harus menyesuaikan olahraga berjalan kaki kita.

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University di Amerika Serikat menunjukkan fakta dimana mereka yang mempercepat langkah saat berjalan kaki ternyata bisa membuat pembakaran kalori di dalam tubuh bertambah hingga 20 persen. Salah satu peneliti yang terlibat, Manoj Srinivasan, menyebutkan jika kebanyakan orang yang berjalan kaki, khususnya yang berjalan di luar ruangan, akan berjalan dengan kecepatan yang konstan saja hingga akhir olahraga. Padahal, andai mereka mengubah kecepatan berjalan kaki layaknya yang banyak orang lakukan saat berjalan di atas treadmill, maka Ia pun bisa mendapatkan pembakaran kalori yang jauh lebih besar.

Menurut Srinivasan, memang, seberapa cepat pun kita berjalan, tetap saja ada energi yang dibakar untuk melakukannya. Namun, dengan mempercepat langkah saat berjalan kaki, maka pembakaran energi pun akan menjadi jauh lebih besar. Jika kita berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh, kita pun akan cenderung lebih baik dalam mengubah kecepatan karena kita tentu ingin cepat mencapai tujuan. Selain itu, kita juga bisa menambah beban pada tubuh saat berjalan kaki layaknya memakai tas punggung yang berisi beban yang cukup berat sehingga proses pembakaran kalori pun akan jauh lebih baik.