Lakukan Hal-Hal Berkut Agar Rasa Sakit Karena Wasir Bisa Mereda

DokterSehat.Com – Wasir atau yang juga kerap disebut sebagai ambeien ternyata termasuk dalam jenis penyakit yang cukup banya diderita oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang percaya jika wasir atau ambeien disebabkan oleh kebiasaan seseorang yang terlalu banyak duduk layaknya para pekerja kantoran. Padahal, ada beberapa faktor lain penyebab wasir layaknya kecenderungan pola makan yang kurang sehat sehingga kebiasaan sering mengejang saat buang air besar. Yang menjadi masalah adalah, wasir bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit yang luar biasa, apalagi jika masalah ini bisa kambuh peradangannya. Lantas, apakah ada cara agar kita bisa segera mengatasi masalah wasir dengan efektif?

doktersehat-ambeien-wasir-hemoroid-hematuria

Pakar kesehatan menyebutkan jika hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi wasir adalah dengan menata ulang gaya hidup kita. Cukupilah konsumsi air putih setiap hari sekitar enam hingga depalan gelas sehari. Dengan banyak meminum air putih, kita akan secara langsung melancarkan proses pencernaan. Konsumsi makanan berserat juga sebaiknya dipenuhi setiap harinya agar proses pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu, jika kita bekerja seharian dengan posisi duduk, ada baiknya kita mulai memberikan bantal sebagai penopang pantat.

Selain itu, ada baiknya kita juga mengurangi kebiasaan mengejang saat buang air besar. Cobalah untuk memberikan kesempatan tubuh kita untuk buang air besar dengan alami meskipun membutuhkan waktu. Selain itu, jika kita mengalami masalah kelebihan berat badan, cobalah untuk menguranginya karena hal ini bisa berimbas pada semakin menurunnya tekanan lemak pada daerah anus dimana wasir biasanya berada.

Andai wasir tiba-tiba mengalami peradangan, kita bisa memberikan pengkompresan pada area wasir dengan air dingin atau air hangat. Jika terlihat repot, berendam di dalam air hangat bisa menjadi cara untuk meredakan peradangan wasir. Jika wasir terus saja mengganggu, mau tidak mau kita harus berkonsultasi pada dokter untuk melakukan operasi pengangkatan wasir yang bisa segera menuntaskan masalah wasir ini.