Lakukan Hal-Hal Berikut Agar Tidur Menjadi Nyenyak

DokterSehat.Com – Mendapatkan waktu tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah idaman bagi semua orang. Bagaimana tidak, dengan tidur yang nyenyak, kita pun akan bisa terbangun dengan kondisi yang segar dan bugar sehingga siap melakukan berbagai kegiatan sepanjang hari. Selain itu, tidur yang nyenyak juga memberikan kesempatan bagi tubuh untuk membuang berbagai racun di dalamnya dan membuat banyak sistem tubuh beristirahat. Untuk memastikan tidur kita bisa berlangsung dengan nyenyak, kita bisa melakukan hal-hal berikut sebelum beranjak tidur.

doktersehat-mandi

Menyikat gigi adalah hal yang sama sekali tidak boleh kita lupakan sebelum tidur. Memang, fungsi utama dari menyikat gigi sebelum tidur adalah agar gigi terbebas dari berbagai kotoran dan sisa makanan yang bisa memicu gigi berlubang dan berbagai masalah gigi menyakitkan lainnya, namun, pakar kesehatan  dari The American Dental Association menganggap jika menyikat gigi akan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya bagi kesehatan mulut.

Untuk membuat pikiran kita menjadi lebih tenang sehingga bisa segera tidur dengan nyenyak, ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Yang pertama adalah dengan mandi. Pakar kesehatan menyebutkan jika mandi air hangat di malam hari menjelang tidur bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidur pun bisa menjadi lebih berkualitas. Sementara itu, beberapa orang akan memilih untuk melakukan meditasi agar pikirannya jauh lebih tenang sebelum beranjak tidur. Selain itu, ada beberapa orang yang masih memakai cara yang unik sebelum tidur, yakni dengan cara menulis diary atau jurnal. Pakar kesehatan menyebutkan jika menulis ternyata bisa membuat pikiran kita lebih bersih dan menenangkan. Tidur pun akan bisa dengan lebih mudah didapatkan dalam pikiran yang tenang.

Baca Juga:  Manfaat Sehat Nasi Putih

Satu hal yang harus diingat oleh masyarakat modern adalah jangan tidur dengan posisi ponsel dekat dengan tubuh, seberapapun anda bergantung dengan ponsel tersebut setiap hari. Dengan menjauhkan ponsel dari tubuh, kita pun akan terbebas dari radiasi blue screen dari berbagai gadget elektronik yang berpotensi menyerang siklus tidur sehingga tidurpun bisa dilakukan dengan jauh lebih nyenyak dan berkualitas.