Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Gejala OSA yang Anda Alami

DokterSehat.Com – OSA atau obstructive sleep apnea merupakan kondisi dimana proses bernapas berhenti selama 10 detik atau lebih ketika tidur. Kelainan ini menyebabkan kadar oksigen dalam darah menurun dan sehingga dapat membangunkan sesaat si penderita. Mereka yang mengalami OSA tentunya perlu mendapat perhatian khusus dan dokter tentunya akan memberikan solusi yang terbaik. Namun demikian, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah agar gejala OSA yang anda alami berkurang. Beberapa hal di bawah ini dapat anda lakukan sendiri untuk menurunkan dan mengurangi gejala OSA:

doktersehat-tidur-mendengkur

1. Turunkan Berat Badan
Sebagian besar mereka yang mengalami OSA memiliki berat badan berlebih atau bahkan obesitas. Menurunkan berat badan meskipun hanya beberapa kilogram dapat menurunkan gejala OSA yang Anda alami. Penelitian pada mereka yang mengalami OSA diberikan konseling gaya hidup atau pola diet makan. Rata-rata dari peserta penelitian tersebut dari kelompok yang menjalani program diet mengalami penurunan berat badan dan setelah 2 tahun gejala sleep apnea berkurang dibandingkan dengan kelompok yang hanya mendapat konseling gaya hidup.

2. Stop rokok
Merokok meningkatkan risiko terjadinya pembengkakan pada saluran napas bagian atas, sehingga pada akhirnya dapat mengganggu aliran udara.

3. Batasi Alkohol
Demikian halnya seperti kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol juga kurang baik bagi kesehatan. Alkohol dapat menurunkan kekuatan otot pada daerah tenggorokan, yang juga akan berpengaruh ke aliran udara.

4. Makan makanan bergizi dan sehat
Tentu ini sangatlah penting. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa OSA cenderung terjadi karena pemilihan makanan yang kurang sehat. Penelitian pada dewasa menunjukkan bahwa mereka yang memiliki OSA derajat berat mengkonsumsi lebih banyak protein, lemak, dan asam lemak jenuh dibandingkan mereka yang memiliki gejala OSA lebih ringan.

Baca Juga:  Minum Kopi Bisa Mencegah Kanker Kulit

5. Cari tahu apakah Anda punya Alergi
Sangatlah penting diketahui bahwa tidur akan menjadi lebih susah juga anda memiliki rhinitis alergi. Jika alergi anda tidak terkontrol, maka jaringan pada saluran napas atas bisa bengkak dan membuat jalan napas menjadi sempit. Hal ini menyebabkan bernapas menjadi lebih susah. Jika anda memiliki rhinitis alergi maka bekonsultasi ke dokter untuk mengendalikannya adalah solusi terbaik.