Lakukan Cara Ini Untuk Memiliki Postur Tubuh Yang Ideal

DokterSehat.Com – Otot-otot perut merupakan bagian terlemah dari tubuh kita yang memberikan tekanan beban berlebih pada tulang belakang. Ketika anda tebiasa berdiri dengan bungkuk, lama kelamaan bentuk tubuh anda akan membungkuk, hal ini tidak hanya merusak postur tubuh tetapi juga dapat mengakibatkan cedera permanen.



Untuk itu belum terlambat buat kamu memperbaiki postur tubuh dengan cara-cara berikut :

• Membiassakna duduk dengan tegap
Ketika bekerja atau duduk saat kuliah, kita sering banget terbawa suasana lalu begitu saja bersandar hingga merosot dari sandaran tempat duduk. Ini ngga bagus guys untuk pembentukan tubuh kamu. Kamu bukan saja berpotensi untuk bungkuk tapi juga mengalami sakit punggung dalam jangka pendek. So, coba deh mulai dari sekarang untuk tetap sadar dengan menjaga punggung tetap lurus selama kamu duduk dan menempatkan posisi kepala yang lurus tidak terlalu jatuh atau menengadah ke atas bagian belakang.

• Meluruskan bahu
Posisi yang paling sering luput dan serba salah yaitu adalah menempatkan bahu pada posisi yang baik agar postur tubuh menjadi sehat juga tegap. Yang harus kamu lakukan disini adalah membebaskan kedua bahu kamu untuk menggantung dan rileks. Jangan menariknya terlalu ke depan atau ke belakang serta menaikannya hingga dekat dengan telinga. Karena hal-hal tersebut bisa memicu sakit otot di area bahu dan bikin kamu pegal-pegal. Selain itu perhatikan pula bentuk bahu sebelah kiri dan kanan, usahakan untuk tetap menyejajarkan bagian bahu sebelah kanan dengan sebelah kiri.

• Memeriksa bentuk postur
Bagaimana kamu bisa tahu perbaikan apa yang harus kamu kerjakan untuk membentuk postur tubuh yang bagus kalau kamu sendiri tidak tahu bentuk tubuhmu? Oleh karena itu selain dari melakukan kebiasaan-kebiasaan baik seperti duduk tegak dan meluruskan bahu, kamu harus melihat postur tubuh kamu. Caranya mudah cukup bersandar tegak lurus pada dinding dalam kondisi rileks, kamu bisa lihat bagian dari badan kamu yang menempel pada dinding. Atau kamu juga bisa becermin dari samping dan lihat pantulan diri kamu di cermin, apakah kamu sudah cukup tegak atau belum.

• Perhatikan bentuk tubuhmu saat berjalan
Satu lagi kebiasaan kita para kaum hawa yang dapat mengubah postur tubuh kita menjadi buruk yaitu menggunakan tas bahu. Iya sih bentuknya memang cantik dan dapat membuat kita terlihat lebih feminim, tapi dalam berat tertentu tas seperti ini bisa membahayakan tubuh kita. Karena tas bahu memberi beban yang tidak seimbang pada salah satu bahu kita dan ini tentu bisa membuat bahu kita menjadi sakit. So, ladies kalau kamu mau membawa tas bahu usahakan hanya membawa barang yang penting dan tidak terlalu banyak. Kalau memang barang bawaan kamu sedang banyak, disarankan untuk membawa tas ransel yang memberi beban sama besar pada bahu. Selanjutnya perhatikan deh postur badan kamu saat berjalan, jangan membungkuk hanya karena menahan beban dalam tas yang terlalu berat.

Baca Juga:  Tips Tetap Fit Selama Puasa

• Istirahat sejenak saat terlalu lama duduk
Beberapa jenis pekerjaan memang menuntuk pekerjanya untuk duduk seharian di depan komputer atau melakukan segala aktivitasnya di atas meja. Hal ini ngga baik nih guys buat postur tubuh kita. Jadi kalau pekerjaan kamu termasuk yang seperti itu, sebaiknya kamu mengambil istirahat setiap 30 menit. Ya ngga perlu makan ke kantin atau keluar kantor juga istirahatnya, cukup berdiri dan melakukan perregangan otot. Yang gampang-gampang aja, yang penting menghindari kamu dari kekakuan otot.

• Pergi berolahraga yang membentuk badan
Setelah semua cara yang kamu lakukan, kamu juga bisa meminta bantuan trainer untuk memperbaiki postur tubuh. Datang ke kelas pilates atau yoga dapat membantu kamu mendapatkan postur tubuh yang sehat dan ideal. Karena yoga dan pilates memang merupakan olahraga yang banyak memberi fokus pada penguatan inti seperti otot perut dan panggul. Kedua otot ini adalah salah satu yang sangat berpengaruh untuk postur pembentukan tubuh yang baik.

• Mengurangi penggunaan high heels
Banyak yang mengatakan bahwa high heels adalah sahabat wanita. Memang iya sih sepatu bertumit tinggi ini bisa banget mempercantik kaki kamu dan membuat kamu lebih tinggi. Tapi bagi kamu-kamu pecinta high heels yuk mulai dari sekarang mengurangi penggunaan high heels secara perlahan. Karena terlalu sering menggunakan sepatu berhak tinggi bisa membuat badan kamu bekerja lebih ekstra untuk mempertahankan keseimbangan. Jadi mulailah berlaih pada penggunaan flat shoes untuk merelaksasi kaki kamu dari beban yang terlalu berat. Saat ini sudah banyak kok flat shoes yang memiliki bentuk dan hiasan cantik, ngga kalah deh dengan high heels.