Lakukan Cara Ini Ketika Terjadi Pendarahan Pada Hidung

DokterSehat.Com – Hidung berdarah sering terjadi karena kerentanan lapisan hidung, yang di dalamnya bersisi sebagian besar pembuluh darah kecil, untuk berdarah pembuluh kapiler bisa pecah karena berbagai alasan. Hidung berdarah atau umum disebut mimisan ini dapat ditemukan pada anak-anak dan orang dewasa. Ada berbagai alasan terjadinya hidung berdarah seperti kecelakaan atau cedera hidung, kekeringan yang disebabkan oleh udara dingin, trauma ketinggian, infeksi pada selaput lendir, alergi, peradangan dari dingin yang menyebabkan pembengkakan pembuluh dan kekurangan vitamin C.

2878762875_91be35ca44_b

Untuk menghentikan hidung yang tiba-tiba berdarah, lakukan pertolongan pertama seperti yang dikutip top10homeremedies yaitu duduklah dengan tenang dalam posisi tegak. Jangan biarkan kepala Anda miring ke belakang karena hal ini dapat memungkinkan darah untuk turun ke tenggorokan dan menyebabkan muntah. Sebaliknya, miringkan kepala ke depan. Tempatkan ibu jari Anda pada bagian lunak hidung dan tekan tanpa melepaskan setidaknya 10 menit untuk menghentikan pendarahan.

Untuk menghentikan pendarahan, es adalah obat yang efektif. Es dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan pada hidung terluka. Taruh beberapa es ke dalam kantong, dan balut dengan handuk. Gunakan sebagai kompres pada hidung Anda, Lakukan sampai hidung tidak mengeluarkan darah lagi.

Selain Es, Anda juga bisa menggunakan cuka sebagai obat untuk mimisan. Ambil polo kasa atau kapas bola dan basahi dalam cuka putih. Pasang pada lubang hidung yang berdarah dan tunggu selama 10 menit. Cuka mengandung asam yang akan menyegel pembuluh darah dan membuat pendarahan berhenti. Cuka sari apel juga dapat membantu darah untuk membeku dan menghentikan pendarahan dari hidung dengan cara yang sama.