Lakukan 3 Gerakan ini Saat Gym untuk Membentuk Otot Pinggul

Photo Credit : www.pixabay.com

Dalam dunia gym, otot pinggul dikenal sebagai salah satu otot terbesar dalam tubuh yang menentukan performa fisik. Perlu diketahui pula, otot pinggul terbagi menjadi tiga macam, yakni gluteus maximus, gluteus minimus, dan gluteus medius. Dilansir dari laman Mensfitness, dari ketiga otot tersebut, yang paling besar dan mudah dilatih adalah gluteus maximus.

Nah, dengan mengetahui macam-macam jenis otot pinggul, maka Anda bisa melakukan latihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Sebab, tidak sedikit orang yang salah dalam latihan sehingga otot pinggul tidak dapat terbentuk dengan sempurna. Jika Anda ingin membentuk otot pinggul secara baik, maka Anda harus memperhatikan gerakan yang benar pula.

Berikut 3 gerakan yang bisa membentuk otot pinggul Anda:

1. Single-leg dumbbell deadlift

Latihan ini memiliki berbagai gerakan yang cukup efektif dalam membentuk otot pinggul Anda. Selain itu, single-leg dumbbell deadlift juga bisa melatih kekuatan masing-masing kaki sekaligus meningkatkan stabilitasnya. Gerakannya cukup mudah, yaitu awali tubuh Anda dengan posisi berdiri dengan satu kaki berada di depan (berdiri dengan satu kaki). Lalu pegang kedua dumbbell di depan paha Anda. Setelahnya, angkat angkat dumbbell tersebut sampai otot terasa tertarik.

2. Cable reverse kickback

Cable reverse kickback merupakan salah satu gerakan yang tujuannya hanya membentuk otot pinggul saja. Gerakan ini banyak digunakan untuk membentuk otot pinggul secara sempurna dan cepat. Caranya, Anda harus mengaitkan pergelangan kaki Anda ke dalam kabel dan jangan lupa pastikan kedua lutut dan pinggul sedikit tertekuk. Lalu tarik kaki Anda yang ditali tadi ke belakang dan ke depan semampunya. Dengan rutin melakukannya, maka otot pinggul akan terbentuk dengan sempurna.

3. Bosu bridge

Yang terakhir adalah gerakan bosu bridge, yaitu gerakan yang dilakukan dengan posisi tubuh terlentang. Caranya, rebahkan tubuh Anda di matras, lalu tempatkan kedua kaki Anda di atas bola yang disediakan khusus pada tempat latihan. Bola tersebut bernama bola bosu. Lantas, tekan kedua tumit Anda sebagai tumpuan untuk mengangkat pinggul. Seketika itu, kencangkan otot pinggul Anda saat berada di atas sebelum menurunkan pinggul kembali ke matras.