Lagu Ed Sheeran Ini Bisa Menenangkan Bayi yang Sedang Menangis

DokterSehat.Com– Setiap orang tua tentu akan berusaha untuk melakukan apapun demi menenangkan bayinya yang sedang menangis. Hal ini jugalah yang dilakukan oleh seorang ibu bernama Joanne Nye. Melalui akun twitter pribadinya, Joanne mengunggah video bayinya yang sedang menangis. Di dalam video tersebut, sang bayi ternyata bisa ditenangkan tatkala ibunya memutar lagu Ed Sheeran yang berjudul “Shape of You”. Karena terlihat lucu, video ini pun kemudian menjadi viral di dunia maya.



Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa lagu dari Ed Sheeran ini bisa menenangkan bayi yang sedang menangis layaknya lagu yang diciptakan musisi Imogen Heap yang memang dibuat sedemikian rupa demi menenangkan bayi yang menangis. Namun, apa yang dilakukan oleh Joanne sepertinya bisa menjadi inspirasi bagi ibu-ibu lain yang bingung tatkala buah hatinya tak kunjung berhenti menangis.

Di dalam video ini sendiri, terlihat bahwa bayi cantik ini menangis tanpa henti dengan suara yang sangat kencang. Sang ibu pun kemudian segera memutar lagu milik Ed Sheeran tersebut. Begitu intro lagu ini terdengar, sang bayi tiba-tiba saja menghentikan tangisannya dan mulai memperhatikan lagu tersebut. Tak sampai 10 detik, bayi yang awalnya terlihat sulit untuk ditenangkan berubah ekspresinya dan kemudian terlihat sangat menikmati lagu tersebut.

Dilansir dari jurnal berjudul Infancy, diketahui bahwa lagu atau musik memang bisa membuat bayi menjadi lebih tenang saat menangis. Nada-nada dari lagu tertentu ternyata memang bisa merangsang otak bayi melepaskan hormon dopamin, hormon bahagia yang bisa membuat bayi lebih tenang. Tak hanya memperdengarkan lagu, ada beberapa cara lain yang bisa membuat bayi berhenti menangis. Sebagai contoh, bayi bisa diayun-ayun atau diajak ke luar rumah untuk mendapatkan udara segar. Selain itu, orang tua juga bisa menyalakan hair dryer, mesin cuci, atau bahkan menyalakan kran air yang diyakini bisa membuat bayi lebih tenang saat menangis.