Ladies, Tak Perlu Khawatir Dengan Siklus Menstruasi, Hal ini Ternyata Bisa Menyehatkan Ginjal

DokterSehat.Com – Meskipun ditunggu-tunggu setiap bulannya, dalam realitanya banyak wanita yang menerima siklus menstruasi dengan berat hati. Bagaimana tidak, siklus menstruasi atau haid bisa membuat wanita mengalami perubahan mood yang sangat signifikan dan bahkan dalam beberapa kasus bisa membuat rasa nyeri pada perut dan seluruh tubuh yang sangat menyiksa. Meskipun begitu, siklus menstruasi seharusnya menjadi hal yang melegakan bagi kaum hawa mengingat pada siklus inilah kesehatan ginjal bisa terjaga.

doktersehat-maag-gastritis

Tahukah anda, salah satu hormon khas perempuan, yakni hormon estrogen ternyata secara alami akan memberikan perlindungan pada ginjal. Fakta ini didapatkan oleh pakar kesehatan dr Judith Lechner dari Austria dimana dari penelitiannya yang melibatkan tikus percobaan wanita, diketahui jika resiko terkena sakit ginjal akan meningkat jika siklus menstruasi datang dengan terlambat. Dari penelitian ini ditemukan fakta bahwa saat siklus menstruasi tiba, terdapat berbagai perubahan hormonal yang bisa memicu perlindungan lebih baik pada sel-sel pada organ ginjal.

Dari penelitian ini, pakar kesehatan menyebutkan jika hormon-hormon perempuan yang bisa meningkat saat masa subur atau menstruasi ternyata bisa berpengaruh positif pada perlindungan sel-sel ginjal sehingga organ inipun tidak akan mudah mengalami kerusakan yang tentu akan berbahaya bagi sistem tubuh secara keseluruhan.

Dr Lechtner menyebutkan jika hormon estrogen yang muncul pada saat menstruasi akan dengan efektif membuat sel-sel ginjal yang rusak mengalami penggantian. Selain itu, organ ginjal juga dengan lebih baik akan bekerja sesuai dengan fungsinya. Memang, hormon ini bukanlah menjadi satu-satunya yang menentukan kesehatan ginjal. Namun, setidaknya kini para wanita menjadi lebih sabar dan tenang dalam menghadapi siklus menstruasi mengingat adanya kebaikan yang ditawarkan siklus ini.