Ladies, Kenali Bau Vagina Ini Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Bagi kaum hawa, organ vital adalah salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya dengan baik. Bagaimana tidak, jika organ vital selalu berada dalam kondisi yang kurang bersih atau sering terkena kelembaban berlebihan, maka area vagina wanita pun beresiko terkena berbagai macam bakteri atau bahkan penyakit. Seringkali tanda-tanda dari adanya vagina terkena bakteri atau serangan penyakit adalah dengan memberikan bau yang khas yang terkadang bisa sangat menyengat. Wanita pun harus lebih baik dalam mengenali bau yang dikeluarkan oleh vaginanya.

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Ada beberapa wanita yang melaporkan jika vaginanya mengeluarkan bau yang cenderung menyengat layaknya ikan. Jika hal ini terjadi pada vagina kita, maka kita harus mewaspadai adanya masalah keputihan. Selain mengeluarkan bau menyengat, keputihan juga bisa mengeluarkan warna keputihan yang tidak normal layaknya warna hijau yang tentu saja harus segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang baik.

Terdapat beberapa bau vagina yang sangat tidak normal layaknya ada bau khas jamur yang ternyata disebabkan oleh banyaknya jamur, kuman, dan bakteri di area vagina karena vagina terlalu lembab sehingga menimbulkan bau ini. Selain itu, vagina juga bisa berbaru layaknya zat klorin. Meskipun terlihat aneh, hal ini ternyata wajar-wajar saja dan tidak perlu dikhawatirkan.

Vagina juga bisa mengeluarkan bau layaknya darah, khususnya jika fase menstruasi tiba. Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini adalah sesuatu yang normal dan jika terjadi sesuai dengan siklus menstruasi, maka vagina justru bisa dianggap sedang dalam kondisi yang sehat. Selain itu, kadangkala vagina juga mengeluarkan bau yang cenderung manis layaknya buah-buahan. Hal ini ternyata sering disebabkan oleh kebiasaan kita mengkonsumsi buah-buahan sehat layaknya nanas anggur, atau bahkan jeruk. Hal ini berarti vagina juga berada dalam kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan.