Ladies, Jangan Takut Latihan Beban Sebab Tidak Akan Membuat Tubuh Kekar

DokterSehat.Com– Latihan beban merupakan salah satu jenis latihan yang banyak digandrungi oleh pria. Banyak pria yang beranggapan jika ingin memiliki tubuh kekar dan atletis, maka harus sering-sering melakukan latihan beban. Selain itu, ada sebuah anggapan yang mengatakan kalau semakin berat beban yang diangkat maka semakin besar pula otot yang terbentuk.

latihan-beban-doktersehat

Photo Credit: pexels.com

Terlepas dari pria, sebenarnya beberapa wanita juga memiliki keinginan untuk melakukan latihan beban. Namun, kebanyakan wanita merasa takut saat ingin melakukan latihan ini. Takut bukan karena tidak bisa mengangkat beban yang berat, melainkan takut jika tubuhnya berubah menjadi kekar layaknya binawaragawan. Padahal, ketakutan tersebut tidaklah mendasar dan tidak dapat dibenarkan sepenuhnya.

Perlu Anda ketahui, angkat beban tidak hanya berkutat pada urusan pembentukan otot tubuh. Tapi juga pada hal lainnya, termasuk kebugaran serta kesehatan tubuh. Yang pertama kali harus dipahami bahwa latihan beban adalah aktivitas yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Dengan rutin melakukan latihan beban, maka komposisi tubuh Anda akan menjadi lebih baik. Ingat, hanya komposisi, bukan bentuk otot. Sebab, saat ingin membentuk otot, ada teknik serta trik sendiri yang harus dilakukan. Jadi, jangan pernah takut melakukan latihan angkat beban.

Selanjutnya, latihan ini juga bisa memberikan efek baik pada tulang Anda, yakni memadatkan tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis. Dengan tulang yang kuat dan padat, tentu saja aktivitas Anda akan berjalan lancar tanpa. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari cidera, seperti sakit pinggang maupun sakit pada bagian tubuh lainnya.

Mungkin, bisa jadi otot Anda akan lebih mengembang saat melakukan latihan beban. Hal tersebut wajar, sebab otot berisi darah yang akan dipompa ke seluruh bagian tubuh, jadi mengembangnya hanya sementara dan akan mengempes lagi. Maka dari itu, mulai sekarang jangan pernah takut lagi untuk melakukan latihan beban ya, ladies!