Ladies, Ini Adalah Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan di Usia Dewasa

DokterSehat.Com – Usia dua puluhan adalah usia dimana kaum wanita bisa dianggap sebagai wanita dewasa. Pada usia ini, wanita bisa mengalami perubahan pada tubuhnya dan juga akan jauh lebih siap untuk mendapatkan keturunan. Sebagai contoh, wanita akan cenderung mengalami penurunan kehalusan kulit wajah sehingga perlu memakai perawatan untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya. Selain itu, wanita pada usia dewasa juga beresiko mendapatkan beberapa penyakit berbahaya jika tidak menjaga kesehatannya dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan kaum hawa di usia dua puluhan untuk menjaga kondisi kesehatannya.

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Hal pertama yang harus rutin dilakukan wanita di usia dua puluhan adalah mencatat jadwal menstruasinya. Bagi kaum wanita yang segera menikah, mencatat jadwal menstruasi juga akan sangat penting mengingat wanita bisa mendeteksi apakah ada masalah pada siklus menstruasinya atau tidak dengan jadwal-jadwal ini. Selain siklus menstruasi, wanita yang berusia duapuluhan sebaiknya juga mengecek kondisi keputihannya setiap hari. Jika keputihan terasa janggal dan keluar dengan warna atau bau yang tidak biasa, maka wanita pun harus segera mengeceknya ke dokter.

Wanita dewasa juga harus mulai rajin-rajin mengecek payudaranya mengingat resiko terkena kanker payudara sangatlah tinggi bagi wanita yang kurang baik menjaga gaya hidupnya. Kini banyak sekali cara mengecek payudara seorang diri sehingga wanita pun bisa mendeteksi adanya kanker payudara sejak dini sehingga bisa segera disembuhkan. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan cek rutin ke dokter jika diperlukan sehingga pencegahan pun bisa dilakukan dengan lebih baik.

Wanita dua puluh tahunan juga sebaiknya mulai menjaga perawatan pada wajahnya dengan lebih baik, khususnya dalam menjaga kelembaban kulit wajah. Gunakanlah pembersih wajah yang mengandung pelembab atau kandungan SPF sehingga kulit wajah pun akan terjaga kesehatannya sekaligus terlindungi dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit. Dengan perawatan kulit yang rutin dilakukan, wanita pun bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga:  Pakar Kesehatan: Sikat Gigi Tidak Perlu Diberi Helm

Wanita duapuluhan juga sebaiknya mulai menata pola makannya agar menjadi lebih sehat. Kita tentu sering melihat wanita dewasa yang tiba-tiba saja mengalami lonjakan berat badan, khususnya setelah masa kehamilan, bukan? Selain bisa menurunkan kepercayaan diri, berat badan berlebihan juga bisa menambah resiko terkena banyak penyakit berbahaya sehingga kita pun harus menerapkan pola makan yang seimbang sekaligus rajin berolahraga.