Ladies, Hindari Konsumsi Makanan Ini Saat Menstruasi

DokterSehat.Com – Meskipun berpotensi menyebabkan rasa nyeri atau perubahan mood yang drastis, setiap wanita tentu akan mengharapkan siklus menstruasinya berjalan dengan lancar. Sayangnya, bagi beberapa wanita kondisi fisik bisa mengalami perubahan yang terlalu drastis sehingga bisa menimbulkan gejala sakit kepala, nyeri, kram, hingga mual-mual yang tentu akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya wanita mulai memperhatikan apa yang Ia makan agar berbagai gejala tersebut bisa dicegah. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari wanita yang sedang menstruasi.

doktersehat-sakit-peut-mens

Meskipun terlihat sangat menarik untuk dikonsumsi, gorengan ternyata adalah makanan pertama yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang menstruasi. Bagaimana tidak, gorengan termasuk dalam makanan yang kaya akan lemak dan minyak sehingga berpotensi menaikkan kadar estrogen. Jika hal ini terjadi, maka nyeri dan kram pun bisa menjadi semakin parah.

Makanan yang dipanggang ternyata juga sangat tidak direkomendasikan bagi kaum hawa yang sedang menstruasi. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan lemak trans pada makanan yang dipanggang sehingga akan menimbulkan masalah yang sama layaknya kita mengkonsumsi gorengan; yakni menaikkan kadar estrogen dan pada akhirnya meningkatkan nyeri dan kram.

Makanan dengan kadar gula yang tinggi sering dianggap sebagai makanan yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Sayangnya, saat menstruasi, makanan ini juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi mengingat kemampuannya meningkatkan gula darah dengan cepat. Hal ini ternyata bisa membuat mood wanita menjadi semakin memburuk dan tubuh pun akan terasa lemas sepanjang hari.

Kafein ternyata juga sebaiknya dihindari wanita yang sedang mengalami menstruasi. Bagaimana tidak, kafein ternyata akan membuat tubuh menjadi dehidrasi sehingga berpotensi menyebabkan sakit kepala hingga rasa tidak nyaman sepanjang hari. Makanan olahan juga sebaiknya dihindari karena banyaknya kandungan sodium berpotensi membuat tubuh mengalami retensi air.