Ladies, Hal-Hal Berikut Ternyata Bisa Memicu Keputihan

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang akan sangat mengganggu bagi wanita adalah masalah keputihan. Keputihan sendiri terjadi saat ada semacam cairan yang bisa ditemukan pada sekitar organ vital wanita. Selain bisa membuat rasa tidak nyaman, dalam beberapa kasus keputihan bisa menyebabkan bau yang kurang sedap. Untuk menghindari hal ini, wanita tentu harus lebih baik dalam menjaga kesehatan organ vitalnya dan juga memperhatikan beberapa hal berikut.

doktersehat-hamil-minum-kopi

Seringkali keputihan terjadi karena kaum hawa menyepelekan kebersihan tubuhnya hanya karena alasan malas. Jika kita jarang mandi atau setidaknya mengganti celana dalam setidaknya dua kali dalam sehari, maka organ vital pun beresiko mengalami kelembaban berlebih dan bisa memicu munculnya bakteri yang pada akhirnya akan membuat keputihan pun muncul. Selain itu, beberapa wanita yang tidak mengganti pembalut secara berkala saat masa menstruasi tiba juga bisa memicu perkembangan bakteri yang memicu keputihan.

Selain karena malas menjaga kebersihan badan, keputihan juga bisa disebabkan oleh faktor adanya jamur, bakteri, virus, atau bahkan parasit yang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih berbahaya. Uniknya, kontaminasi jamur, bakteri, virus, atau bahkan parasit yang menyebabkan keputihan pada wanita ini bisa jadi bukan karena wanita malas menjaga kebersihan organ vitalnya. Bibir kloset toilet umum, perlengkapan mandi, hingga hubungan intim bisa menjadi penyebab kontaminasi hal-hal tersebut.

Tanpa disadari, keputihan ternyata juga bisa disebabkan karena wanita mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu, khususnya obat antibiotik yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang cenderung panjang. Konsumsi jangka panjang ini bisa memicu penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga wanita pun akan dengan mudah terserang penyakit keputihan.

Dunia modern juga bisa membuat wanita lebih mudah terkena stress hingga depresi. Jika wanita mengalami stress, maka beberapa hormon stress pun pada akhirnya muncul dan bisa berimbas buruk dalam menyebabkan keputihan pada organ vital.