Labu Penting Untuk Dikonsumsi

DokterSehat.Com – Labu adalah buah yang dihasilkan oleh sekelompok labu-labuan atau dengan nama latin Cucurbitaceae. Di Indonesia sendiri, labu bukan lagi sayuran atau buah yang baru. Banyak olahan yang begitu varian yang bisa dihasilkan dari sebuah labu seperti dibuat pudding, kolak, agar-agar sampe bahan dasar aneka kue-kue. Selain rasanya yang begitu nikmat, ternyata buah yang satu ini juga kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan.

14

Dengan mengkonsumsi satu porsi labu seminggu sekali dapat membantu menjaga kesehatan anda. Selain itu, berikut ada sejumlah manfaat lain yang dapat diperoleh dari sebuah labu :

  • Baik untuk mengembalikan semangat
    Kandungan tryptophan dan asam amino pada benih labu dapat meningkatkan mood baik anda. Hal tersebut berarti mengobati depresi. Selain itu, labu dapat meringankan rasa sakit yang dialami tubuh. Saat tubuh mengalami sakit, tidak ada salahnya mencoba labu untuk diaplikasikan pada luka anda. Dengan begitu, rasa sakit yang anda derita akan sedikit ringan.
  • Menyehatkan tulang
    Salah satu unsure yang baik kesehatan tulang adalah kalsium. Kabar gembiranya adalah, para peneliti menemukan kandungan tersebut dalah buah labu. Kandungan kalsium pada labu baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, labu juga membantu mengurangi rasa sakit pada tulang yang disebabkan oleh penyakit arthritis osteoporosis.
  • Memperbaiki masalah penapasan
    Labu tinggi akan kandungan karotenoid dan seng yang membantu tubuh terhindar dari berbagai jenis kanker. Tingginya karotenoid pada labu juga dapat mengurangi resiko kanker prostat. Selain itu, karotenoid dalam labu sebagian besar memiliki beta-carotene yang merupakan sumber antioksidan, yang mampu mencegah resiko penuan dini.
  • Baik untuk pencernaan
    Kandungan serat pada labu yang cukup tinggi amat baik untuk pencernaan untuk mengurangi resiko terjadinya sembelit pada bagian perut. Selain itu. Menurut hasil riset, serat yang terkandung didalamnya juga disebut-sebut mampu menurunkan risiko serangan penyakit kanker dan jantung. Untuk itu, masukan menu labu dalam menu makanan anda, agar anda terhindar dari sembelit yang kerap menyiksa.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Kandungan vitamin C yang berlimpah dalam labu berfungsi untuk meningkatkan sisitem imun tubuh atau yang lebih dikenal dengan system kekebalan tubuh. Selain itu, labu juga dapat berfungsi untuk detoks dalam tubuh.