Labu, Buah Khas Halloween Ini Ternyata Memiliki Segudang Manfaat

DokterSehat.Com – Akhir bulan Oktober sangat identik dengan adanya Halloween. Yang menarik adalah, masyarakat di berbagai belahan dunia merayakan Haloween dengan menggunakan buah labu kuning dengan berukuran besar untuk diukir atau untuk dijadikan makanan dan minuman yang nikmat. Tahukah anda jika buah labu kuning ini ternyata kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat kesehatan yang kita dapatkan dari mengkonsumsi buah khas Halloween ini?

doktersehat-labu-halloween

Kaya akan antioksidan
Minyak biji labu ternyata kaya akan kandungan gamma-tocopherol, salah satu jenis antioksidan yang juga merupakan salah satu bentuk vitamin E. Jika kita mengkonsumsinya, maka kita akan menurunkan resiko terkena peradangan dan berbagai macam sel kanker. Kita juga akan lebih baik dalam menahan paparan radikal bebas pada tubuh.

Membuat kulit menjadi lebih sehat
Labu kuning ternyata sangat kaya akan kandungan beta karoten yang bisa membantu pencegahan kerusakan sel-sel kulit yang bisa memicu penuaan dini. Selain itu, labu kuning juga memiliki kandungan karotenoid yang merupakan semacam antioksidan yang bisa mencegah kerusakan kulit dari paparan radikal bebas dengan lebih baik.

Menurunkan berat badan
Labu ternyata juga sangat direkomendasikan bagi program diet. Labu kuning ini bisa kita jadikan konsumsi harian mengingat buah ini memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang cukup rendah namun bisa mengenyangkan perut dalam waktu yang lama.

Menyehatkan mata
Buah labu kuning yang kaya akan beta-karoten ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Senyawa ini juga mampu memperbaiki fungi retina. Andai kita sudah cukup berumur dan tidak ingin mengalami masalah penglihatan, maka konsumsi labu kuning bisa menjadi solusi yang mudah sekaligus nikmat.

Baca Juga:  Rokok Elektronik Meledak, Gadis Remaja Ini Cedera

Menyehatkan jantung
Buah labu kuning yang kaya akan antioksidan ini akan lebih baik dalam melindungi organ jantung dan pembuluh darah. Selain itu, kadar serat yang tinggi dari buah ini akan membuat kadar kolesterol dalam darah terjaga keseimbangannya. Alhasil, kita pun akan menurunkan masalah tekanan darah dan resiko terkena penyakit jantung.